Cermat Memilih Badan Usaha

Membangun dan menjadi pemilik bisnis yang sah dan legal menjadi dambaan banyak orang termasuk saya, anda, dan kita semua. Memiliki bisnis bukan hanya dominasi anak muda akan tetapi berbagai kalangan, termasuk yang bekerja di sektor publik dan pemerintahan juga memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri.

Membangun bisnis yang baik juga wajib menimbang pemilihan badan usaha sesuai dengan karakter dan perkembangan bisnis anda. Meskipun bisnis anda masih dalam skala mikro ataupun kecil, sangat dianjurkan agar anda mulai melakukan langkah legalisasi usaha dan bisnis anda dengan cara memilih badan usaha.

Pemilihan badan usaha yang tepat sesuai karakter dan perkembangan bisnis, akan membuat anda dapat menjalankan kegiatan usaha secara tenang karena usaha anda adalah usaha resmi yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan dari bidang usaha yang dijalankan.

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha yang hendak melakukan pendirian badan usaha adalah mempelajari serta memperhatikan ketentuan serta aturan yang berlaku, khususnya meliputi prosedur serta tata cara pendirian badan usaha.

Berbagai Jenis Badan Usaha

Di Indonesia sendiri badan usaha dibagi atas 2 jenis yaitu:

Badan Usaha Non Badan Hukum:

    • Perusahaan Perorangan;
    • Persekutuan Perdata;
    • Firma; dan
    • Persekutuan Komanditer

Badan Usaha Berbadan Hukum:

    • Yayasan;
    • Koperasi; dan
    • Perseroan; Terbatas

Berbagai pilihan badan usaha tersebut memiliki daya Tarik dan keunggulan tersendiri. Tak perlu terburu – buru membuat PT, bisa jadi badan usaha yang tepat untuk anda adalah perusahaan perorangan. Karena itu, anda harus cermat memperhatikan pilihan badan usaha yang hendak anda dirikan.

Pendirian Perusahaan Perorangan relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak dokumen, selain itu besaran modal yang perlu disiapkan oleh pelaku usaha juga relatif murah dan terjangkau. Salah satu keunggulannya adalah apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka seluruh keuntungan tersebut menjadi hak bagi pelaku usaha yang merupakan pribadi ataupun individu.

Hal ini tentu dianggap sebagai peluang yang dapat memberikan keuntungan, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil ataupun pelaku usaha pemula yang masih memiliki keterbatasan modal.

Memilih Badan Usaha Yang Tepat

Untuk membantu Anda menentukan pilihan badan usaha, KSI Knowledge Hub menyelenggarakan Workshop Daring “Memahami Seluk Beluk Badan Usaha” yang dipandu oleh Ervina Christina, seorang praktisi hukum yang telah lebih 19 tahun berkecimpung di dunia hukum

Sabtu – Minggu, 12 September 2020 – 13 September 2020

09.00 – 12.00

Webinar

Experienced Researcher with a demonstrated history of working in the legal services industry. Skilled in International Environmental Law, International Law, Sustainable Development, and Corporate Social Responsibility. Strong program and project management professional with a Law Bachelor Degree focused in International Law from Airlangga University Surabaya.

Leave a Reply