Bagaimana Mejawab Pertanyaan Dari HRD Soal “Apakah Ada Pertanyaan?”

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
0
(0)

Pernahkan mengalami fase untuk melamar pekerjaan? Salah satu ujian yang disajikan oleh HRD dari suatu perusahaan adalah interview atau wawancara kerja. Para pelamar kerja umumnya akan menghadapi interview kerja tidak hanya dengan HRD tapi juga user di perusahaan tersebut.

Nah, tentu dengan berbekal pengetahuan yang cukup kamu pasti sudah mampu dalam menjawab berbagai pertanyaan. Akan tetapi dalam banyak kasus baik HRD dan juga user di perusahaan tersebut, di akhir wawancara kerja, malah balik bertanya ke kamu seperti: “Apakah ada pertanyaan?”

Pernahkan mendapat pertanyaan tersebut? Aku juga pernah. Awalnya aku dengan pedenya menjawab tidak ada pertanyaan. Namun ternyata, menjawab tidak ada pertanyaan sangat tidak disarankan sih.

Mau ikut jadi Mediator Tersertifikasi? Segera ikut Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Kelas Online Angkatan V yang dimulai pada Desember 2022. Akreditasi dari Mahkamah Agung!

Segera daftarkan diri melalui ICJR Learning Hub!

Nah saranku, jangan sampai kamu tidak menjawab tidak pertanyaan. Kenapa? Karena HRD ataupun user yang bertanya seperti itu tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kamu benar – benar tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu dengan kamu bertanya kepada perusahaan maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai budaya kerja di perusahaan tersebut. Jika sudah mengetahui budaya kerja, maka kamu juga bisa menimbang, apakah kamu benar – benar cocok dengan perusahaan tersebut.

Nah, kalau kamu mendapatkan pertanyaan tentang “Apakah ada pertanyaan?” pergunakan kesempatan tersebut untuk bertanya hal – hal berikut:

Visi dan Misi Perusahaan: Kamu bisa mengajukan pertanyaan soal visi dan misi perusahaan. Pertanyaan ini akan menunjukkan jika kamu benar – benar tertarik dan serius ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Seputar Posisi yang Kamu Lamar: Kamu bisa banget bertanya seperti apakah kamu akan bekerja dalam tim atau bekerja secara individual, kepada siapa kamu akan melaporkan pekerjaan kamu, dan hal – hal lain terkait dengan posisi yang kamu lamar. Pertanyaan ini mengindikasikan kepada HRD atau user jika kamu memang sudah serius ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Tanyakan tahap selanjutnya setelah interview. Dengan pertanyaan ini, sesungguhnya kamu sudah bersiap jika harus menghadapi tes lanjutan dari perusahaan. Nah jenis pertanyaannya bisa beragam, misalnya kamu bertanya soal setelah interview ini masih ada tahap lainnya atau bisa juga bertanya kapan kamu akan menerima pemberitahuan.

Tanya juga soal budaya perusahaan. Pertanyaan ini bisa kamu ajukan dari hal – hal sederhana seperti jam kerja atau pakaian kerja. Kamu juga bisa bertanya soal fokus perusahaan saat ini dan bagaimana kamu bisa berkontribusi terhadap fokus dari perusahaan. Pertanyaan yang kamu ajukan ini bisa menjadi indikasi kalau kamu memang tertarik menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Nah itu sedikit tips dariku jika kamu menghadapi pertanyaan tersebut pada saat wawancara kerja.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

masih belum punya ide 😀

One Reply to “Bagaimana Mejawab Pertanyaan Dari HRD Soal “Apakah Ada Pertanyaan?””

Leave a Reply