5 Hal Penting Untuk “Memasarkan” Firma Hukum Anda di Online: Ini Khusus Untuk Firma Hukum Skala Mikro sampai Kecil

Perkiraan Waktu Membaca: 7 menit
5
(5)

Kode Etik Advokat Indonesia (KEAI) memang melarang seorang advokat beriklan, namun tidak ada ketentuan bagaimana mengatur Firma Hukum atau Kantor Hukum memasarkan jasa hukumnya. Ketentuan Pasal 8 ayat (2) Kode Etik Advokat Indonesia menyatakan Pemasangan iklan semata-mata untuk menarik perhatian orang adalah dilarang termasuk pemasangan papan nama dengan ukuran dan atau bentuk yang berlebih-lebihan.”

Namun sebagai industry dan bisnis yang harus tetap dikembangkan, maka perlu berbagai cara dan kiat yang fokusnya tetap memasarkan jasa hukum namun sekaligus juga menghindarkan diri dari tindakan yang dianggap pelanggaran Kode Etik Advokat Indonesia.

Pertama, Buatlah Website.

Kehadiran firma hukum di dunia online bisa dimulai dengan website dari firma hukum. Namun ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan pada saat mau membuat website dari firma hukum anda diantaranya:

Belilah nama domain. Anda perlu nama domain yang mencerminkan firma hukum anda sekaligus juga mencerminkan dimana posisi bisnis firma anda di dalam industri hukum Indonesia. Anda bisa melakukan pengecekan nama domain di https://www.cekdomain.net/

Harga nama domain sangat bervariasi dan bergantung dengan Top Level Domain ataupun Country Top Level Domain yang akan anda gunakan.

Beli layanan hosting. Hosting untuk sebuah situs saat ini sangat murah. Harganya per bulan mulai dari 15 ribu per bulan. JIka domain ibarat alamat atau lokasi kantor, sementara hosting adalah rumahnya itu sendiri. Anda tidak bisa hanya membeli domain saja namun juga harus membeli layanan hosting untuk sebuah situs.

Kembangkan website anda.  Anda bisa membuat desain website anda sendiri dengan menggunakan CMS yang bebas kode seperti wordpress, wix, ataupun joomla. Menggunakan wordpress bisa menjadi alternative penting yang dapat pertimbangkan karena CMS wordpress digunakan lebih dari 35% website di seluruh dunia. Untuk template atau tema websitenya sendiri tersedia berbagai template atau tema gratis dari wordpress yang dapat anda gunakan.

Namun jika anda tidak punya waktu untuk membeli domain, layanan hosting, dan mendesain website anda, anda bisa mengunakan layanan dari KSI CiptaMedia.

Namun hal terpenting dalam mendesain website firma hukum anda, anda harus berpikir dari sudut pandang calon klien dari firma hukum anda. Misalnya gunakan pertanyaan – pertanyaan berikut seperti apa yang calon klien cari, bagaimana calon klien firma hukum anda akan menemukan dan menghubungi anda? Secara umum, website firma hukum anda harus mampu menjawab tentang harapan dan dari para calon klien potensial.

Karena itu website sebuah firma hukum setidaknya harus memiliki halaman tentang Advokat dan fokus praktik dari firma hukum anda, ramah terhadap perangkat apapun, memuat informasi cara menghubungi firma hukum anda, dan jika mungkin sertakan testimonial dari klien anda sebelumnya, dan setiap gambar dalam website firma hukum anda haruslah mencerminkan firma hukum anda.

Kedua, Pikirkan Soal Branding

Sebagai seorang Advokat, anda harus peduli dengan branding. Kehadiran firma hukum anda dsecara online harus mencerminkan cita – cita, tujuan, dan cara kerja dari firma hukum anda. Hal tersebut harus terwakili dalam desain website, tata letak, nuansa, gambar, dan konten yang ada di website firma hukum anda.

Untuk memenangkan kompetisi di mesin pencari, maka website firma hukum anda harus mempunyai konten yang tepat dan disampaikan secara efektif untuk memudahkan proses indeksasi di mesin pencari.

Ada baiknya anda memulai dengan rencana pemasaran yang sederhana yang bisa dimulai dengan merancang logo dan nama firma hukum yang menjadi representasi dari jasa hukum anda.

Jangan lupa untuk membuat rencana pemasaran yang sederhana. Anda bisa memulainya dengan mempelajari berbagai rencana pemasaran untuk kantor hukum yang tersedia di internet.

Ketiga, Pertimbangkan untuk memasukkan firma hukum anda dalam direktori online

Calon klien potensial yang masih mencari jasa advokat umumnya menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Advokat, Jasa advokat, Firma Hukum, dan lain – lain. Hasil dari mesin pencari umumnya mengarah ke daftar advokat dan firma hukum.

Ada baiknya anda mulai juga mendaftarkan diri ke berbagai direktori seperti direktori pencarian jasa hukum LawHubID dan juga mendaftarkan firma anda di Google Bisnis agar firma anda bisa tercatat di Google Maps.

Keempat, Pertimbangkan terlibat dalam memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat.

Untuk dapat lebih dikenal di fokus bisnis tertentu, maka firma hukum anda harus mulai mempertimbangkan untuk memberikan berbagai pendidikan hukum kepada masyarakat. Selain memperkenalkan firma hukum anda, anda juga bisa menambah relasi yang mungkin nanti terkonversi menjadi klien anda.

Salah satu layanan pendidikan hukum secara virtual di Indonesia adalah ICJR Learning Hub. Anda bisa meminta penyelenggara untuk membuat pendidikan hukum tertentu sesuai dengan fokus bisnis anda.

Kelimat, Jangan Lupakan Konten Marketing.

Salah satu keuntungan membuat konten hukum, umumnya konten itu bersifat evelasting, selama aturan hukumnya belum berubah. Tentu pembuatan konten hukum akan bermanfaat bagi firma anda dalam jangka panjang.

Saran, fokuslah untuk membuat konten yang berkualitas secarfa konsisten. Jangan takut jika di awal angka kunjungan ke situs anda tidak begitu tinggi.

Percayalah jika Konten adalah Raja! Karena itu kualitas dan konsistensi menjadi Sangat Penting.

Anda bisa membuat konten hukum di podcast ataupun di situs anda. Lebih baik lagi jika anda membuat konten hukum juga di media blog seperti di bahasan.id

Sudah siapkah untuk memasarkan firma hukum anda?

 

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 5

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Experienced Researcher with a demonstrated history of working in the legal services industry. Skilled in International Environmental Law, International Law, Sustainable Development, and Corporate Social Responsibility. Strong program and project management professional with a Law Bachelor Degree focused in International Law from Airlangga University Surabaya.

Leave a Reply