3 Manfaat Mengikuti Pelatihan Kearsipan bagi Mahasiswa

Perkiraan Waktu Membaca: 3 menit
0
(0)

Sebagai mahasiswa yang aktif, seringkali mendapatkan anjuran untuk mengikuti berbagai program pelatihan ataupun training. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tidak semua kemampuan yang diperlukan oleh dunia kerja bisa didapatkan dari lembaga pendidikan formal. Skill yang diperlukan tersebut harus dilatih dan didapatkan lebih spesifik dan sebaiknya juga fokus pada kebutuhan industry yang ada saat ini.

Bahkan kalaupun sudah bekerja, kita masih dituntut oleh perusahaan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program pelatihan baik yang dilakukan oleh perusahaan ataupun yang dilakukan melalui lembaga pelatihan.  Bagi perusahaan yang baik, mengikut sertakan karyawan dalam berbagai program pelatihan dianggap sebagai suatu hal penting yang dapat menopang pada tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Kalau yang berstatus karyawan saja masih diminta untuk mengikuti berbagai program pelatihan, maka sebagai mahasiswa juga semestinya ikut dalam berbagai program pelatihan. Merujuk pendapat Widodo (2015), mengemukakan salah satu manfaat mengikuti pelatihan tidak lain menciptakan kelebihan terhadap diri sendiri.

Kearsipan adalah salah satu bidang yang perlu memiliki skill yang khusus karena itu tak sembarang orang dapat melakukan kegiatan manajemen kearsipan. Di dalam pelatihan kearsipan, mahasiswa akan memiliki beragam manfaat yang akan dirasakan. Berikut 3 manfaat mengikuti pelatihan kearsipan bagi mahasiswa yaitu,

  1. Melatih Kemampuan Manajemen

Pelatihan atau training kearsipan bagi mahasiswa bukan saja menambah wawasan materi. Tetapi, mahasiswa akan dilatih mengikuti arahan, tips-tips dan wawasan manajemen pelaksanaan sistem kearsipan. Hal tersebut di dapat dari tutor-tutor professional yang memang ahlinya. Jadi dalam dunia kerja, mahasiswa akan memiliki solusi dan terbiasa menjawab persoalan manajemen kearsipan.

  1. Meningkatkan Kualitas Diri

Bidang kearsipan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu, pelatihan kearsipan difokuskan pada upaya peningkatan kualitas diri untuk dapat mendukung manajemen kearsipan di suatu perusahan.

Mengikuti program pelatihan kearsipan bagi mahasiswa, jelas sangat bermanfaat. Selain menambah pengalaman dan skill, pelatihan ini bisa menjadi tiket untuk dapat bekerja di bidang kearsipan.

  1. Menambah Wawasan Teknologi Kearsipan

Secara umum, arsip dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu arsip fisik dan digital. Arsip fisik memiliki pengelolaan yang khusus. Begitu juga arsip digital, yang memerlukan teknologi dalam mengelola dan merawat arsip. Dengan mengikuti pelatihan kearsipan, mahasiswa akan dibekali segala informasi dan pengetahuan mengenai kearsipan dan teknologi kearsipan yang semakin berkembang.

Karena itu pelatihan kearsipan sangat dianjurkan untuk diikuti oleh mahasiswa

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

student and part-time journalist

Leave a Reply