3 Manfaat Webinar bagi Profesi Marketing

Perkiraan Waktu Membaca: 3 menit
5
(1)

Marketing atau pemasaran adalah proses mengenalkan produk atau jasa agar diketahui oleh masyarakat luas. Willian J. Staton mengatakan, marketing adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa. Dalam hal ini, profesi marketing dituntut untuk harus memahami keinginan masyarakat sebagai konsumen. Biasanya, marketing akan mengenalkan produk atau jasa yang dimiliki, dan juga meminta ulasan kepada konsumen sebagai bahan evaluasi bagi produk yang dipasarkan. Selanjutnya, marketing bertugas untuk memberikan solusi ke perusahaan terkait suatu produk atau jasa.

Di tengah pandemi Covid-19, profesi sebagai marketing memiliki imbas yang signifikan terhadap penjualan produk/jasa. Aturan protokol kesehatan yang semakin ketat, membuat masyarakat memilih untuk melaksanakan kegiatan dari rumah. Untuk itu, para marketing harus memiliki cara lain dalam mengenalkan produk yang ingin dipasarkan, salah satunya melakukan pemasaran secara daring. Pemasaran secara daring dapat dilakukan di berbagai platform, salah satunya melalui website dan sosial media. Selain itu, seorang marketing juga harus mencari cara lain untuk menjaga hubungan baik dengan para konsumen dan agar tetap mempertahankan bisnis yang dikelola. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah webinar.

Apa saja manfaat mengadakan webinar?

  1. Sarana Edukasi

Menurut Tom Wayteg, webinar adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada virtual seminar atau seminar online, yang termasuk bagian dari program distributed education. Webinar sebagai sarana, dapat membuat masyarakat sebagai calon pembeli mendapatkan edukasi tentang produk/jasa yang ditawarkan. Sehingga, bagaimana suatu produk/jasa dapat dijelaskan secara rinci oleh marketing, akan membuatcalon pembeli dapat memahami secara jelas dengan produk yang dipasarkan.

  1. Meningkatkan Skill

Webinar menjadi sarana penghubung antara marketing kepada calon pembeli. Sebagai pengganti pertemuan langsung, webinar dapat melatih skill atau keahlian marketing dalam menawarkan suatu produk/jasa. Bagaimana cara berkomunikasi dalam keterbatasan, memberikan kesan yang menarik, dan menganalisis target pasar.

  1. Efisiensi Waktu dan Tempat

Webinar sudah pasti memiliki keunggulan dari segi waktu dan tempat. Para marketing tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menyiapkan tempat kegiatan. Cukup dengan mengatur susunan acara dengan baik, yang akan dilakukan secara online. Masyarakat yang menjadi calon pembeli pun dapat dijangkau dengan lebih luas lagi, tidak perlu khawatir berbeda pulau bahkan berbeda negara.

Tertarik untuk mendapatkan 3 manfaat webinar untuk pekerjaanmu

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 1

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

student and part-time journalist

Leave a Reply