Tips Memilih Platform Digital Yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
0
(0)

Memiliki sebuah bisnis di masa sekarang ini, tidak dapat hanya berfokus pada metode berjualan offline saja. Namun juga perlu memikirkan kemungkinan untuk merambah pasar yang lebih luas dengan berjualan melalui online. Dengan data pengguna internet dan media sosial yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunnya, membuat kesempatan terbuka lebar untuk bisa mendapatkan pelanggan baru dari berbagai daerah.

Namun, tidak jarang kita sebagai pelaku usaha juga mengalami kebingungan dalam memilih platform digital yang hendak dipakai. Hal itu dikarenakan banyaknya pilihan platform yang tersedia. Contohnya media sosial. Terdapat banyak pilihan media sosial yang bisa kita manfaatkan seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Contoh lainnya adalah website, yang juga memiliki beberapa pilihan seperti landing page atau website dengan banyak menu dan halaman.

Untuk mengatasi kebingungan yang mungkin saja kamu hadapi, Cipta Media sudah merangkum beberapa tips dalam memilih platform digital yang tepat untuk bisnis kamu :

Memiliki pertanyaan soal hukum? Atau anda sedang terlibat masalah hukum? Konsultasikan persoalan anda, persoalan anda akan direspon oleh lebih dari 70 Mitra Penyedia Layanan Hukum di seluruh Indonesia.

Tersedia forum konsultasi online yang dapat diakses secara gratis

Segera kunjungi ICJR Law Hub

Pilih platform yang paling kamu kuasai

Agar kamu tidak bingung dalam menyusun strategi digital marketing untuk bisnis kamu, mulailah terlebih dahulu dari platform yang paling kamu kuasai, misalnya media sosial yang sering kamu gunakan. Karena kamu telah menguasai fitur-fitur di dalam platform tersebut, tentunya kamu sudah familiar dengan seluruh fungsi yang ada di dalamnya. Selain itu kamu juga bisa mulai menyusun strategi pembuatan konten sesuai dengan karakteristik platform.

Pilih platform yang sesuai dengan target market

Mengenali target market adalah hal dasar yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pelaku usaha. Ada baiknya kamu mengenali dan memahami juga platform digital apa yang paling sering digunakan oleh mereka. Caranya dapat dengan melakukan interview singkat, atau menyebarkan kuesioner kepada target market. Dari hasil interview/kuesioner tersebut, maka kamu dapat memetakan platform digital mana yang paling sering digunakan. Tinggal dieksekusi deh!

Memilih platform sesuai dengan sumber daya yang dimiliki

Hal ini perlu kamu pertimbangkan juga dalam memilih platform digital yang hendak dipakai. Ada baiknya kamu menyesuaikan dengan sumber daya yang saat ini dimiliki. Misalnya kamu belum memiliki sumber daya yang bisa melakukan pengambilan video dan proses editing-nya, maka tunda dahulu untuk menggunakan platform digital seperti Tik Tok dan Youtube. Atau misalnya kamu belum memiliki anggaran untuk merekrut seorang desainer grafis untuk membuat konten media sosial, maka kamu dapat berlangganan aplikasi desain seperti Canva dan memanfaatkannya untuk membuat konten-konten tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan sebelum memilih platform digital yang tepat untuk bisnis yang kamu jalankan.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Krisdandy adalah seorang Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan lulus pada 2020. Selain berminat di bidang hukum, ia juga mendedikasikan dirinya juga menjadi "Full Timer Creative Thinker & Planner" di dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya

Leave a Reply