Tadarus Virtual untuk Ramadan Lebih Berfaedah

Perkiraan Waktu Membaca: 3 menit
0
(0)

Umat Islam di seluruh dunia sedang berbahagia menyambut bulan suci Ramadan. Di Indonesia, umat Islam memiliki salah satu tradisi ibadah yang dilakukan saat Ramadan, yaitu tadarusan. Kita pasti sering mendengar istilah “tadarusan”, yaitu sebuah tradisi membaca sekaligus mempelajari Alquran secara bersama-sama. Kegiatan tadarusan ini sering dilaksanakan di masjid, dan biasa dilakukan saat menyambut waktu subuh dan atau berbuka puasa. Biasanya kegiatan ini dipimpin oleh ustad/ustadzah , dan diikuti oleh para jamaah yang hadir. Khusus pada bulan suci Ramadan, tadarusan dimaksudkan untuk menyelesaikan membaca Alquran hingga ke Juz-30.

Sayangnya, saat ini pandemi Covid-19 ini membuat kegiatan tadarusan tidak dapat dilakukan secara leluasa. Tadarusan yang khas dengan “kebersamaan”, tidak dapat dilaksanakan akibat aturan pembatasan berkerumun. Padahal tradisi tadarusan ini begitu melekat bagi umat Islam. Cendekiawan muslim, Quraisy Shihab, mengatakan bahwa kegiatan tadarusan sangat bermanfaat. Namun karena situasi pandemi saat ini, imbauan menaati protokol kesehatan harus diutamakan.

Padahal, membaca satu huruf Alquran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, seperti yang telah diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadist Rasullah SAW. Nah, jika hanya membaca satu huruf saja akan mendapatkan 10 pahala, bagaimana jika kita membaca lebih dari satu huruf? Tentunya hal itu perlu diwujudkan dalam kegiatan tadarusan. Dalam pelaksanaanya, tadarusan virtual sudah pasti aman dari penularan virus, dan jugadapat dilakukan secara bersama-sama tanpa perlu khawatir aturan protokol kesehatan.

Meninggalkan tradisi tadarusan akibat Covid-19 bisa saja menjadi hal yang merugikan bagi umat Islam. Sebagai sebuah solusi, tadarus secara offline bisa diubah menjadi tadarus virtual, dan menjadi kegiatan yang berfaedah selama bulan Ramadan. Dengan begitu, kita sebagai umat Islam juga bisa melaksanakan tadarus tanpa perlu khawatir tertular Covid-19.

Dengan adanya tadarusan virtul sudah pasti dapat menjangkau siapapun dan dimanapun. Cukup dengan menyediakan handphone atau laptop, kita dapat melaksanakan kegiatan tadarus dengan mudah. Untuk itu, mari kita isi ibadah di bulan Ramadan dengan kegiatan yang berfaedah. Tadarusan Virtual dapat menjadi salah satu alternatif bagi yang ingin mendapat pahala tanpa harus takut tertular Covid-19.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

student and part-time journalist

Leave a Reply