Sebelum Buka Usaha: Rencanakan Dengan Matang

Perkiraan Waktu Membaca: 3 menit
5
(1)

Setelah memikirkan dengan masak dari sisi legal, maka hal lain yang perlu dilakukan adalah memastikan perencanaan usaha dengan matang. Tanpa perencanaan yang baik, umumnya usaha akan gagal di tengah jalan. Meski pada kenyataannya, setiap perencanaan yang sudah disusun dapat juga berubah pada saat pelaksanaan.

Karena itu, anda perlu memikirkan hal – hal sebagai berikut:

Tentukan fokus usaha

Mau ikut jadi Mediator Tersertifikasi? Segera ikut Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Kelas Online Angkatan V yang dimulai pada Desember 2022. Akreditasi dari Mahkamah Agung!

Segera daftarkan diri melalui ICJR Learning Hub!

Sebelum buka usaha, maka anda perlu memikirkan usaha apa yang akan anda jalani. Fokus usaha ini akan membantu anda untuk mulai buka usaha dengan modal yang efektif. Selain itu, fokus bisnis juga membantu anda untuk menentukan hal – hal legal yang terkait dengan perusahaan, misalnya untuk menentukan KBLI.

Dengan fokus usaha yang lebih tepat, anda mungkin juga bisa mengalokasikan waktu dengan lebih baik. Misalnya jika usaha anda ingin dibuat sebagai usaha sampingan. Karena itu menentukan fokus usaha akan membuat usaha anda lebih mudah untuk dikelola

Untuk lebih mudah menentukan fokus usaha adalah dengan mengelola usaha berdasarkan keahlian ataupun hobi yang anda geluti.

Pastikan Buyer Persona dari Usaha

Selayaknya manusia, sebuah usaha juga memiliki buyer persona. Anda perlu menggambarkan siapa sebenarnya target market yang perlu anda sasar. Anda perlu mengimajinasikan buyer persona usaha anda dengan karakteristik tertentu misalnya usia, jenis kelamin, sifat, dan lain sebagainya.

Sebagai pelaku usaha, andalah yang paling memahami detail dari barang atau jasa yang anda tawarkan ke pasar.

Dengan menentikan buyer persona dengan tepat, anda dapat memahami bagaimana perilaku dari orang yang akan membeli barang atau jasa yang anda tawarkan. Selain itu, anda dapat menentukan strategi pemasaran agar usaha anda dapat lebih berkembang

Mengenali Kompetitor

Setiap usaha pasti memiliki kompetitor. Karena itu sebagai pelaku usaha yang baru mau buka usaha, anda perlu mengenali kompetitor usaha anda. Dengan mengenali kompetitor anda dapat merencanakan strategi pemasaran yang tepat dan bisa jadi anda malah menemukan inovasi baru yang belum dilakukan oleh kompetitor usaha anda

Dengan mengenali competitor, anda dapat mengetahui bagaimana competitor usaha anda menjalankan usahanya dan apa saja tantangan yang dihadapi oleh usaha yang akan anda rintis tersebut. Untuk mengenali competitor yang anda butuhkan hanyalah melakukan riset.

Caranya juga cukup mudah, misalnya bisa melalui mesin pencari, mengikuti seminar ataupun workshop atau dari supplier/vendor dari competitor usaha anda.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 1

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Krisdandy adalah seorang Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan lulus pada 2020. Selain berminat di bidang hukum, ia juga mendedikasikan dirinya juga menjadi "Full Timer Creative Thinker & Planner" di dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya

Leave a Reply