Kelas Online PKPA Ramah Kuota Internet Kembali Dibuka

Pendidikan Khusus Profesi Advokat atau yang lebih dikenal sebagai PKPA menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui oleh Bakal Calon Advokat. Sederhananya, nggak mungkin seseorang jadi Advokat kalau tidak mengikuti PKPA.

Tapi di masa pandemi covid 19 begini, pertemuan tatap muka untuk PKPA jadi masalah yang cukup mengganggu. Ada kekuatiran kalau PKPA tatap muka akan membuat cluster baru terkait COVID. Nggak lucu jugakan kalau nanti tiba – tiba di media muncul klaster PKPA?

Nah untuk mengakomodasi PKPA dengan tetap menjaga protokol kesehatan, maka PKPA kelas virtual kembali diadakan. Sebelumnya PKPA kelas online sudah pernah dilakukan. Modelnya tetap dengan menggunakan webinar.

Persoalannya dengan kelas online PKPA ini, berapa sih kebutuhan kuota internet untuk mengikuti PKPA? Sebenarnya ini sangat bervariasi, bergantung dengan platform webinar yang digunakan. Tapi secara rata – rata kebutuhan kuota internet untuk mengikuti PKPA kelas Online ini berkisar antara 30 GB – 50 GB. Kira – kira bisa dihitunglah ya berapa jumlah uang yang harus disiapkan.

Namun penyelenggara PKPA Kelas Virtual ini sepertinya sangat memperhatikan kebutuhan kuota ini. Jadi dalam pembicaraan dengan panitia pelaksana PKPA ini kebutuhan kuota yang digunakan untuk mengikuti kelas PKPA Online minimal 21 GB. Konon kabarnya ini aplikasi webinar yang digunakan cukup ringan dan cukup ramah kuota internet.

Kadang kita juga perlu memperhatikan tidak hanya soal biaya PKPA tapi juga biaya kuota internet. Kan nggak lucu, lagi asik PKPA tiba – tiba kuota internetnya habis. Karena itu, waktu komunikasi dengan panitia pelaksana PKPA, mereka menyatakan sebaiknya mengisi kuota 30 GB meskipun mereka meyakinkan kalau penggunaannya tidak akan sampai 30 GB. Menurut pengalaman mereka, 9 jam penggunaan webinar tidak sampai menghabiskan kuota internet 3 GB.

Menariknya terlepas dari itu, PKPA Online ini mudah juga mode pembayarannya. Kita bisa bayar melalui metode transfer, menggunakan e wallet seperti Dana, Ovo, atau Link Aja, bahkan sampai membayar menggunakan Kartu Kredit.

Selama ini, Pembayaran PKPA cuma bisa melalui transfer bank. Nah kalau kelas PKPA yang bisa menerima pembayaran dengan Kartu Kredit ya cuma PKPA yang diselenggarakan oleh ICJR Learning hub. Ini tentu salah satu solusi yang membuka berbagai kanal pembayaran.

Nah, kamu sudah daftar PKPA?

masih belum punya ide 😀

Leave a Reply