Bijak Menggunakan Fasilitas PayLater

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
5
(1)

Saat ini istilah PayLater tengah populer di tengah masyarakat yang sering melakukan transaksi pembiayaan barang atau jasa secara online. PayLater adalah alat bayar tunda yang berarti, dengan menggunakan layanan PayLater sama dengan berhutang yang wajib dilunasi dikemudian hari. Dimana para pengguna diberikan batas waktu pembayaran, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, dua belas bulan, bahkan hingga dua tahun tergantung dari jenis dan nominal pembelian.

Dalam metode pembayaran PayLater ini, biasanya penyedia layanan akan menetapkan batasan atau limit PayLater. Jumlah limit yang ditetapkan biasanya berbeda-beda, tergantung dari aturan yang dimiliki oleh penyedia layanan. Jika semakin sering menggunakan PayLater dan tanpa ada kendala dalam proses pembayaran, maka jumlah limit yang diberikan bisa semakin meningkat.

Paylater ini sangat praktis untuk digunakan, transaksinya cepat, dan bisa menerima barang secara langsung. Dengan adanya kelebihan tersebut, saat ini PayLater sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari e-commerce, marketplace, dan transportasi oline. Seperti Shopee yang diberi nama SpayLater, Tokopedia, Lazada, Kredivo, dan Gojek alias Gopay PayLater.

Butuh memiliki tempat usaha yang resmi dan prestisius? Anda dapat menggunakan virtual office atau kantor virtual sebagai tempat bisnis resmi anda. Tersedia di 5 lokasi di Jakarta, segera temukan kantor virtual yang cocok untuk bisnis anda

Segera minta penawaran terbaik di BukaUsaha by NgertiHukum.ID

Selain memberikan kemudahan kepada konsumen dalam membeli kebutuhan yang mendesak, PayLater juga bisa menimbulkan masalah bila tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Karena dengan prosesnya yang instant dan sangat mudah digunakan, penggunaan paylater bisa menggiring masyarakat untuk berperilaku konsumtif bila tidak terkendali.

Lalu, bagaimana cara agar bijak dalam penggunaan PayLater?

Pertama, pilih layanan PayLater yang diawasi oleh OJK dan memahami syarat serta kertentuannya.

Sebelum menggunakan PayLater, kita harus memilih platform PlayLater yang sudah dibawah pengawasan OJK agar menghindari hal-hal diluar hukum. Selain itu juga kita wajib untuk memahami setiap point yang menjadi syarat dan ketentuan PayLater disebuah platform, bunga, dan juga jangka waktu cicilan agar tidak menyesal.

Kedua, memberikan batasan nilai pinjaman

Jangan sampai kemudahan dalam melakukan pembelanjaan ini membuat kita lupa batasan, sehingga berujung pada pembengkakan pengeluaran. Jadi sangat penting untuk kita membatasi nilai pinjaman yang sesuai dengan kemampuan membayar.

Ketiga, gunakan PayLater saat sedang darurat saja

Usahakan dan tanamkan pada diri sendiri untuk memakai fasilitas PayLater hanya disaat darurat atau mendesak saja.

Keempat, disiplin dalam melunasi tagihan PayLater

Segera lunasi atau bayar cicilan pinjaman untuk menghindari denda dan bunga. Selain itu, kalau kita telat membayar tagihan PayLater dapat menurunkan skor kredit di bank.

Yuk, mulai sekarang bijak dalam penggunaan PayLater. Pahami kebutuhan dan keadaan finansial untuk membayar tagihan. Karena kemudahan sering kali datang dengan konsekuensi yang besar, jadi hati-hati dengan menikmati kemudahan yaa

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 1

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Masih Nyariin aku?

Leave a Reply