Apa Sih Toxic Trait Itu?

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
0
(0)

Toxic trait merupakan sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk seseorang yang memiliki kepribadian beracun. Kata beracun yang dimaksud adalah sikap yang selalu merugikan atau menyusahkan orang lain, baik secara fisik maupun emosional sehingga menebarkan sesuatu yang negatif ke lingkungan sekitarnya.

Secara umum, orang-orang yang memiliki sifat toxic sulit untuk merasakan bahagia, karena mereka selalu merasakan tidak puas, merasa gelisah, dan selalu mengeluh. Selain itu orang-orang dengan toxic trait seringkali bersikap egois dan bertindak semata-mata demi kepentingan pribadinya. Jadi mereka bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti memanipulasi hingga tidak memiliki rasa empati.

Lantas, sikap yang seperti apa sih yang termasuk toxic trait ?

Mau ikut jadi Mediator Tersertifikasi? Segera ikut Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Kelas Online Angkatan IV yang dimulai pada Agustus 2022. Akreditasi dari Mahkamah Agung!

Segera daftarkan diri melalui ICJR Learning Hub!

  1. Minimnya rasa peduli dan empati

Setiap individu yang mempunyai sifat kurangnya rasa peduli dan empati akan sulit untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang lain. Misalnya disaat teman sedang ada masalah, bukannya mendukung atau menghibur, melainkan malah menghakimi atau menyalahkannya. Jadi dalam menjalani suatu kehidupan sikap empati dan simpati merupakan hal yang sangat penting agar kita bisa lebih toleran dan pedulipada lingkungan sekitar.

  1. Bersikap manipulatif

Perilaku manipulatif merupakan sikap yang suka mengontrol dan memanipulasi orang lain dengan berbagai cara untuk mendapatkan keinginan atau tujuannya, sehingga seseorang yang suka bermanipulasi akan memutarbalikan fakta sehingga membuat lawan bicaranya kebingungan.

  1. Merasa paling benar

Seseorang yang memiliki sifat toxic trait seringkali merasa paling benar dan menganggap bahwa dirinya sudah melakukan yang terbaik. Selain itu juga mengira bahwa semua hal akan berantakan dan tidak berjalan dengan lancar jika dirinya tidak ada. Sehingga orang yang memiliki sifat ini sangat mudah untuk menghakimi orang lain. Contoh lainnya yaitu tidak mau meminta maaf dan sulit untuk mengakui kesalahannya.

  1. Senang mengintimidasi

Intimidasi atau bullying merupakan tindakan atau perilaku menakut-nakuti untuk memaksa orang lain agar melakukan sesuatu.

Kemudian, bagaimana cara mengatasinya ?

Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan mengintropeksi diri sendiri setiap hari tentang hal-hal apa saja yang dilakukan. Jangan ragu untuk meminta pendapat mengenai mengenai diri sendiri dari keluarga, teman, dan pasangan. Belajar untuk menerima masukan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Jika ada sesuatu yang membuat kita tidak nyaman, jangan ragu untuk bilang tidak. Karena banyak orang yang merasa kesulitan untuk menolak ajakan orang lain. Semakin sering menolak atau mengatakan tidak terhadap suatu hal yang dapat membuat tidak nyaman, hidup akan menjadi lebih mudah. Serta belajar untuk mendengarkan keluh kesah orang lain sehingga dapat belajar untuk bisa berempati.

Kemudian jika kita terus menerus membiarkan sifat toxic trait terjadi pada diri kita, maka kita akan dijauhi dan tidak disukai oleh orang-orang yang berada disekitar kita. Toxic trait juga memberikan pengaruh buruk pada mereka yang stres atau depresi yang dapat membuat mereka semakin terpuruk hingga melakukan percobaan menyakiti diri sendiri.

Jadi orang-orang dengan toxic trait akan membuat kita terus menerus ragu dan mempertanyakan diri kita sendiri, jika kita bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat seperti ini, kita harus lebih berhati-hati.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Masih Nyariin aku?

Leave a Reply