3 Tips agar Perempuan tetap Produktif di Tengah Pandemi

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
0
(0)

Perempuan adalah sosok yang serba bisa. Tak heran, bila perempuan dapat menjadi sosok ibu, wanita karier, bahkan dapat diandalkan untuk pekerjaan lainnya secara bersamaan. Yenny Wahid, seorang aktivis Islam perempuan mengatakan bahwa perempuan bukan sosok yang lemah. Dengan sifat sensitifitas yang tinggi, membuat berbagai pekerjaan dapat dilakukan tanpa perlu diragukan. .

Namun ketika pandemi Covid-19 melanda, banyak sekali perempuan yang terdampak. Hal ini diakibatkan oleh kondisi ekonomi yang terpuruk, akibat pemutusan hubungan kerja. Didukung oleh data dari UN Women bersama AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia), perempuan karier khususnya, rentan mengalami stress selama pandemi. Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020 mendukung hasil temuan tersebut, bahwa psikologi perempuan menunjukan rasa kekhawatiran yang tinggi akibat pandemi.

Sebagian perempuan mungkin saja saat ini memutuskan menjadi ibu rumah tangga, dan hal ini bisa saja menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan yang berdampak pada kesehatan, dan hal finansial akan menjadi masalah selanjutnya.  Padahal, di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Perempuan tetap bisa produktif untuk mendapatkan uang, lho! Bagaimana caranya?  Yuk ikuti tips di bawah ini:

  1. Lakukan Olahraga

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, peneliti menemukan bukti bahwa olahraga dapat bekerja mirip dengan antidepresan, yang mampu mengurangi gangguan depresi mayor dengan mempromosikan pertumbuhan neuron baru di otak. Berhubung dalam situasi pandemi, kita juga bisa tetap melakukan olahraga dari rumah, seperti senam maupun yoga. Selain menjadi antidepresan, olahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Kurangi Aktivitas Menghamburkan Uang

Salah satu aktivitas favorit yang dapat menghamburkan uang adalah belanja online. Untuk itu, kurangilah waktu dalam mengunjungi e-commerce. Walaupun hanya melihat-lihat saja, sudah pasti sulit untuk menghilangkan rasa ingin membeli. Hasil temuan Katadata Insight Center mengatakan bahwa perempuan lebih sering belanja di e-commerce selama masa pandemi. Maka, mulai kurangi aktivitas melihat e-commerce ya!

  1. Ikuti Webinar Pelatihan Keterampilan

Selama pandemi, meningkatkan kemampuan diri adalah pilihan yang terbaik, didukung dengan banyaknya kelas webinar yang menyajikan keilmuan tertentu. Dengan mengikuti webinar pelatihan keterampilan, kita akan mendapat ilmu, pengalaman, dan sertifikat. Dengan bertambahkannya skill yang kita miliki, akan menghasilkan peluang-peluang bagi para perempuan, dan dapat dijadikan bidang usaha baru yang bisa dilakukan dari rumah.

Menarik bukan? Yuk luangkan waktu untuk mengikuti kelas-kelas webinar yang bermanfaat. Jadi ilmu kita bertambah, kemampuan kita juga bertambah, dan bisa jadi pemasukan kita juga bertambah lho!

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 0 / 5. Penilaian terhitung: 0

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

student and part-time journalist

Leave a Reply