Perjanjian Kos-Kosan? Emang Ada?

admin

Perjanjian Kos-Kosan

Bagi kalian yang memulai karir di kota perantauan mungkin tidak asing dengan sewa menyewa kos-kosan. Berbicara tentang kos, tanpa kita sadari ternyata perjanjian sewa menyewa kos-kosan menjadi penting untuk kita miliki. Mengapa sih? Simak ulasan berikut ini!

Sebagai gambaran umum isi dari perjanjian tersebut bisa jadi mengatur mengenai hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kerusakan, kehilangan ataupun layanan yang disediakan tidak sesuai apa yang sudah ditawarkan diawal.

Sebaliknya jika penyedia kos juga mengalami hal serupa, maka seharusnya ada perjanjian yang dapat melindungi. Atau dapat dikatakan menjadi tindakan preventif sebelum sewa menyewa dilakukan.

Alasan Pejanjian Kos-Kosan

Sehingga berdasarkan fakta diatas menjadi penting bagi kita untuk memiliki perjanjian kos, berikut adalah alasan mengapa perjanjian kos-kosan menjadi penting!

1. Melindungi dan Menjamin Hak dan Kewajiban

Pada dasarnya perjanjian kos-kosan antara penyewa kos dan pemilik kos dimaksudkan untuk melindungi hak dan kewajiban keduabelah pihak ketika suatu saat terjadi sengketa. Misalnya Misalnya ketika penyewa kos sudah dijanjikan properti yang bagus dan layak, akan tetapi setelah datang ke kos tersebut properti yang dijanjikan tidak sesuai.

Sebaliknya, jika penyewa kos telat membayar kos-kosan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, apa konsekuensinya? Justru kedua hal tersebut dapat diakomodir dengan adanya perjanjian kos-kosan karena menyangkut dengan hak dan kewajiban yang telah ditentukan oleh keduabelah pihak.

2. Mencegah Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Tahun lalu terdapat kasus di mana seorang anak kos diusir dari kediamannya karena positif Covid. Sebenarnya, apakah anak kos tersebut mempunyai hak menolak diusir? Dari sisi pemilik kos, misalnya ketika penyewa kos kehilangan barang yang disimpannya dalam kos, apakah pemilik kos juga wajib ber-tanggung jawab untuk masalah ini dan juga ikut menanggung kerugiannya?  Berbagai hal yang terjadi diluar kendali kita dapat diselesaikan dengan adanya perjanjian sewa menyewa kos-kosan karena pada dasarnya disitulah kesepakatan akan timbul jika terjadi hal-hal yang terjadi di luar kendali Anda.

3. Agar Kegiatan Sewa Menyewa Kost Jelas Karena Memiliki Bukti

Melihat fakta diatas, perjanjian sewa menyewa kos-kosan bukan tidak mungkin digugat ke pengadilan. Untuk dapat mengajukan gugatan sederhana jika ada sengketa, misalnya terjadi wanprestasi antara pemilik kos dengan penyewa kos maka perjanjian sewa menyewa secara tertulis tersebut dapat dijadikan alat bukti yang kuat dipersidangan.

Beberapa orang enggan untuk membuat perjanjian kos-kosan secara tertulis mungkin karena tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Tidak usah khawatir!

Saat ini, Anda dapat mengakses dokumen tersebut di dokumenhukum.id. Dokumenhukum.id adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Institute for Criminal Justice Reform dengan tujuan membantu masyarakat dalam menyusun kontrak atau perjanjian, surat klaim, atau bentuk pengaduan lainnya yang dapat diakses secara gratis!

Demikianlah beberapa perjanjian kos-kosan yang perlu Anda ketahui.