Panduan Singkat Untuk Memulai Usaha Dari Nol

Perkiraan Waktu Membaca: 5 menit
5
(1)

Membuka bisnis atau memulai usaha dari nol sudah pasti membutuhkan keberanian dan tekat yang kuat. Selain soal keberanian dan tekat yang kuat, untuk membuka usaha diperlukan juga diperlukan modal, wawasan, dan jejaring pertemanan.

Anda tak perlu punya darah atau keturunan ataupun DNA pengusaha untuk membuka usaha. Namun anda perlu belajar dan bekerja keras untuk mulai membuka usaha anda sendiri. Yang pasti anda harus menanamkan keyakinan pada diri sendiri untuk mulai membuka usaha sendiri dan sanggup untuk menghadapi berbagai tantangan seperti resiko usaha dan persaingan yang ketat.

Nah untuk memulainya, kami telah menyusun panduan singkat agar anda tidak mudah menyerah saat membuka usaha dan menghadapi berbagai tantangan yang muncul dalam perjalanan usaha anda

Butuh memiliki tempat usaha yang resmi dan prestisius? Anda dapat menggunakan virtual office atau kantor virtual sebagai tempat bisnis resmi anda. Tersedia di 5 lokasi di Jakarta, segera temukan kantor virtual yang cocok untuk bisnis anda

Segera minta penawaran terbaik di BukaUsaha by NgertiHukum.ID

Tentukan satu jenis usaha sesuai passion

Memulai untuk membuka sebuah usaha dari nol maka yang perlu anda tentukan pertama kali adalah jenis usaha apa yang anda ingin lakukan. Cara paling mudah adalah dengan memilih jenis usaha sesuai passion ataupun keahlian yang anda miliki.

Cara ini akan memudahkan anda untuk melihat keunggulan dari produk atau jasa yang akan anda tawarkan ke masyarakat. Selain itu juga, anda akan lebih mudah melewati tantangan yang tentunya bakal dihadapi apabila sudah ada passion khusus terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Pada intinya semua pekerjaan yang anda lakukan dengan sepenuh hati akan memberi hasil yang maksimal.

Lakukan riset

Untuk mulai membuka usaha, anda perlu melakukan sedikit riset. Dengan riset, anda akan mempelajari dinamika usaha yang akan anda geluti. Anda juga akan mempelajari target dan perilaku calon pelanggan hingga ke para pesaing. Termasuk soal harga dari produk atau jasa yang akan anda tawarkan.

Dengan riset yang memadai, anda akan menemukan celah atau ceruk pasar yang dapat anda manfaatkan. Selain itu dengan riset, anda akan memiliki perkiraan berapa modal yang anda butuhkan dan berapa harga jual yang bisa anda tawarkan.

Lakukan pencatatan secara teratur

Saat baru membuka usaha, biasakan untuk mencatat setiap detail dari barang, kegiatan, operasional, serta pengeluaran dari usaha anda. Catatan – catatan ini digunakan sebagai bahan evaluasi yang berguna untuk perkembangan usaha anda.

Dengan mencatat dan melakukan evaluasi secara teratur, setiap kesalahan yang dilakukan dapat diperbaiki. Tujuannya tentu untuk membantu usaha anda agar dapat berkembang dengan baik.

Tentukan strategi promosi

Membuka usaha tentu harus mendapatkan keuntungan. Namun keuntungan tidak begitu saja jatuh dari langit. Anda harus mulai memasarkan produk atau jasa anda secara baik. Karena itu anda perlu memikirkan strategi promosi yang tepat. Jika promosi yang anda lakukan tepat, maka akan semakin banyak orang yang mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan.

Langkah sederhana anda dapat memperkenalkan usaha anda melalui lingkaran terdekat anda terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi pesan instan ataupun menggunakan media sosial yang anda miliki.

Siapkan legalitas usaha

Untuk mulai membuka usaha, anda perlu menyiapkan legalitas usaha. Pemerintah saat ini telah membolehkan satu badan usaha baru yaitu PT Perorangan. PT Perorangan cocok untuk anda yang baru membuka usaha dengan skala usaha mikro ataupun kecil.

Syarat pendiriannya juga cukup mudah, anda hanya perlu memiliki KTP dan NPWP yang masih aktif. Untuk mengecek status NPWP juga mudah, anda dapat mengeceknya secara online.

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 1

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Krisdandy adalah seorang Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan lulus pada 2020. Selain berminat di bidang hukum, ia juga mendedikasikan dirinya juga menjadi "Full Timer Creative Thinker & Planner" di dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya

Leave a Reply