7 Rahasia Pramugari dan Pramugara

Pramugari dan pramugara memiliki tanggungjawab penuh atas keamanan dan kenyamanan penumpang selama di dalam pesawat. Pramugari ataupun pramugara pesawat terbang dituntut untuk selalu tampil menarik dan prima. Tahukah kalian apa saja hak dan kewajiban seorang pramugari/pramugara?

Pada dasarnya seorang pramugari memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti pekerja pada umumnya, yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, yaitu hak dan kewajiban yang menyangkut aspek perlindungan keselamatan, kesehatan, pemerliharaan moral kerja serta perlakuan yang sesuai dengan martabat manusia dan moral agama.

Namun perlu Anda ketahui, beberapa hal rutinitas pramugari dan pramugara setiap ia bekerja didalam pesawat,diantaranya:

  1. Seorang pramugari dan pramugara memiliki cap pasport khusus, atau tidak didalam pasportnya, melainkan di lembar keterangan yang menunjukan bahwa Ia sedang bertugas.
  2. Saat bertugas penerbangan ke luar negeri, pramugari dan pramugara pun bebas visa, sehingga tidak harus mengurus surat izin tinggal terlebih dahulu.
  3. Pramugari dan pramugara memiliki jalur khusus, atau dengan kata lain tidak perlu antri untuk memasuki area check boarding pada bandara.
  4. Selain memiliki seragam yang sama, pramugari pun diwajibkan untuk menggunakan kosmetik dengan merek dan warna yang sama, sedangkan pramugara ditentukan model rambutnya sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan maskapai penerbangan.
  5. Dalam 1 hari, seorang pramugasi dan pramugara bisa menjalani 4 kali penerbangan.
  6. Ketika bertugas untuk terbang ke luar negeri dengan jarak yang cukup jauh, pramugari dan pramugara diperbolehkan untuk tidur di dalam bunker pesawat, dengan waktu istirahat selama 4 jam, dan dilakukan secara bergantian.
  7. Pramugari dan pramugara dibayar selama pesawat bergerak, apabila pesawat delay seorang pramugari dan pramugara tidak dibayar.

Pramugari dan pramugara juga memiliki hak special lho, yaitu tunjangan kecantikan ataupun perawatan. Hal ini tentu karena penampilan seorang pramugari dan pramugara haruslah menarik dan tidak terlihat kusam ataupun lesu. Bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang pramugari dan pramugara, jangan lupa membaca dengan jelas apa saja hak dan kewajiban yang akan Anda dapatkan, selaku pramugari dan pramugara. Sehingga Anda dapat bekerja dengan baik, dan mendapatkan hak-hak Anda pula dengan baik.

Pramugari, tentu berjenis kelamin perempuan, dengan begitu, mereka memiliki hak-hak khusus selama bekerja. Undang-Undang Ketenagakerjaan telah mengatur hak-hak khusus perempuan sebagai pekerja, diantaranya yaitu hak istirahat haid hari pertama dan kedua, hak istirahat pekerja perempuan yang melahirkan, keguguran, dan menyusui.

Leave a Reply