Manfaat Webinar marketing atau pemasaran adalah proses mengenalkan produk atau jasa agar banyak masyarakat luas ketahui. Willian J. Staton mengatakan, marketing adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa.
Dalam hal ini, profesi marketing mereka tuntut untuk harus memahami keinginan masyarakat sebagai konsumen. Biasanya, marketing akan mengenalkan produk atau jasa yang kita miliki, dan juga meminta ulasan kepada konsumen sebagai bahan evaluasi bagi produk yang mereka pasarkan. Selanjutnya, marketing bertugas untuk memberikan solusi ke perusahaan terkait suatu produk atau jasa.
Di tengah pandemi Covid-19, profesi sebagai marketing memiliki imbas yang signifikan terhadap penjualan produk/jasa. Aturan protokol kesehatan yang semakin ketat, membuat masyarakat memilih untuk melaksanakan kegiatan dari rumah. Untuk itu, para marketing harus memiliki cara lain dalam mengenalkan produk yang ingin mereka pasarkan, salah satunya melakukan pemasaran secara daring.
Pemasaran secara daring dapat kita lakukan di berbagai platform, salah satunya melalui website dan sosial media. Selain itu, seorang marketing juga harus mencari cara lain untuk menjaga hubungan baik dengan para konsumen dan agar tetap mempertahankan bisnis yang mereka kelola. Salah satu solusi yang dapat kita gunakan adalah webinar.
Apa saja manfaat mengadakan webinar?
Berikut dibawah ini beberapa manfaat ketika Kamu mengikuti webinar offline atau online :
1. Sarana Edukasi
Menurut Tom Wayteg, webinar adalah istilah yang kita gunakan untuk merujuk kepada virtual seminar atau seminar online, yang termasuk bagian dari program distributed education. Webinar sebagai sarana, dapat membuat masyarakat sebagai calon pembeli mendapatkan edukasi tentang produk/jasa yang kita tawarkan. Sehingga, bagaimana suatu produk/jasa dapat kita jelaskan secara rinci oleh marketing, akan membuat calon pembeli dapat memahami secara jelas dengan produk yang kita pasarkan.
2. Meningkatkan Skill
Webinar menjadi sarana penghubung antara marketing kepada calon pembeli. Sebagai pengganti pertemuan langsung, webinar dapat melatih skill atau keahlian marketing dalam menawarkan suatu produk/jasa. Bagaimana cara berkomunikasi dalam keterbatasan, memberikan kesan yang menarik, dan menganalisis target pasar.
3. Efisiensi Waktu dan Tempat
Webinar sudah pasti memiliki keunggulan dari segi waktu dan tempat. Para marketing tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menyiapkan tempat kegiatan. Cukup dengan mengatur susunan acara dengan baik, yang akan kita lakukan secara online. Masyarakat yang menjadi calon pembeli pun dapat kita jangkau dengan lebih luas lagi, tidak perlu khawatir berbeda pulau bahkan berbeda negara.
Tertarik untuk mendapatkan 3 manfaat webinar untuk pekerjaanmu