3 Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menghadapi Fenomena Harga Teman

Perkiraan Waktu Membaca: 4 menit
5
(1)

Dalam menjalankan usaha, banyak faktor yang harus diperhatikan. Sebuah usaha yang baik juga akan mempunyai rencana dan strategi yang tepat untuk memastikan bisnis berjalan lancar. Akan tetapi meski sudah memiliki perencanaan dan strategi, sebagai seorang pelaku usaha, khususnya usaha mikro dan kecil, tentu banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah seringnya dijumpai fenomena harga teman.

Harga teman menjadi sebuah senjata yang cukup jitu untuk calon pembeli tawar menawar produk, barang atau jasa dari pelaku usaha.

Fenomena harga teman sebenarnya juga dapat menimbulkan kerugian bagi pelaku usaha. Terutama apabila harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari biaya operasional dalam menjalankan sebuah usaha. Repotnya, apabila ditolak, bisa jadi teman tersebut selain tidak membeli juga bisa meruntuhkan jalinan pertemanan yang selama ini sudah terjalin.

Mau meningkatkan kapasitas dan skil serta pengetahuan dengan cara mudah dan terjangkau? Mulai dari IDR 50 ribu/bulan, anda dapat mengikuti beragam pelatihan virtual dan kelas pengetahuan mandiri tanpa batas.

Segera daftarkan diri anda dalam program Amica@NgertiHukumID

Simalakama tentunya. Akan tetapi bagaimana resep jitu menghadapi situasi harga teman?

Pertama, Tawarkan harga nett

Jelaskan jika harga yang yang anda tawarkan saat mengelola harga teman adalah sudah harga net. Jadi sudah pas. ditawarkan sudah pas. Menjelaskan bahwa harga yang ditawarkan sudah pas. Yang jelas, kalau memang teman, tentu akan memberi dukungan kepada usaha yang sedang kita lakukan tanpa menawar lagi lebih rendah yak an?

Kedua, Jelaskan kualitas produk yang dijual

Buat yang meminta harga teman, kalian bisa jelaskan kualitas dari produk yang dijual bahwa ada harga ada kualitas juga. Karena jika ingin harga murah maka kualitasnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan tips ini teman kita akan menjadi lebih paham jika kita menolak memberikannya harga teman. Selain itu dengan memberi tahu kelebihan atau kualitas produk yang dijual bisa memperbesar peluang untuk menarik hati calon pembeli lainnya yang bisa jadi sedang berada di sebelah teman kita tersebut

Ketiga, Minta untuk membeli sesuai minimum order

Selanjutnya cara mengelola harga teman adalah kita bisa harga dengan potongan lebih banyak dengan syarat minimum order. Misalnya “kalau kamu beli minimal 10 pcs, aku kasih harga teman deh”.

Selain itu kita tidak akan rugi, melainkan mendapatkan keuntungan, karena menjual produk dengan jumlah lebih banyak. Dan harus dipastikan bahwa harga diskon yang diberikan worth it untuk kedua belah pihak.

Yang terakhir, tolak dengan sopan

Hal terakhir yang bisa dicoba adalah menolaknya dengan sopan. Tidak perlu segan untuk mengatakan tidak, jika tidak bisa memberikan harga teman. Contohnya “Sorry ya, kayaknya belum bisa dengan harga segitu. Coba cek ditempat lain, kemungkinan ada yang bisa ngasih harga yang kalian cari”.

Jadi sebaiknya jika ada teman kita yang membuka usaha dan bisnis, kemudian menawarkan produknya, kita harus memberikan dukungan dengan membeli tanpa meminta diskon.!

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 1

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Masih Nyariin aku?

Leave a Reply