5 Keunikan Media Sosial untuk Promosi Produk

Media sosial tidak dapat dihindarkan lagi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Penggunanya terus mengalami kenaikan seiring berkembangnya fitur-fitur yang memungkinkan pengguna menyiarkan kegiatan secara langsung, memasang filter foto, dan membagikan video. Itulah mengapa branding social media untuk berbagai kepentingan wajib dilakukan.

Media sosial terus mengalami perkembangan dari masa ke masa mulai dari era Friendster hingga era Facebook, Twitter, dan Instagram. Saat ini, pengguna media sosial di Indonesia tak kurang dari 150 juta orang dengan penggunaan berbasis mobile sekitar 130 juta.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di tingkat dunia Indonesia menempati urutan ke-4 pengguna media sosial Facebook terbesar setelah Amerika Serikat, Brazil, dan India. Sementara untuk Twitter, Indonesia menempati peringkat ke-5 setelah negara Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Inggris.

MUST READ  Teknik Promosi Produk Melalui Media Sosial

Keunikan Media Sosial

Di samping mempunyai basis pengguna yang begitu besar, media sosial juga mempunyai beberapa keunikan yaitu:

  1. Media sosial dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh publik secara terbuka dan mudah diakses oleh sesama pengguna.
  2. Memungkinkan interaksi dengan figur publik. Adanya media sosial memudahkan interaksi dengan figur publik, selebritis, politisi, merek, ataupun perusahaan, sehingga dapat menjalin relasi dengan mereka di dunia maya.
  3. Mendukung jejaring sosial. Media sosial dapat menghubungkan antara pengguna satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan. Mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan menjalin relasi tanpa harus bertemu.
  4. Bebas berpendapat. Setiap pengguna media sosial dapat mengungkapkan pendapat dan argumentasi dengan bebas atas isu yang ada dan mengomentari pendapat pengguna lainnya.
  5. Mendukung multimedia. Media sosial mendukung berbagai jenis konten seperti teks, video, portal web, siaran langsung, dan press release.

Keunikan lainnya adalah dapat menjadi media promosi daring. Media sosial dilengkapi fitur yang bisa mendukung munculnya peluang bisnis, seperti galeri, halaman, grup, dan forum jual beli. Media sosial dipandang sebagai sarana promosi dan membangun branding yang efektif meskipun sudah ada media lain yaitu website.

MUST READ  Try Out Ujian Advokat Sambil Karaokean Juga Bisa. Cobain!

Dengan berbisnis di media sosial, mereka dapat mengetahui hal-hal penting seperti pertanyaan konsumen, ulasan produk, hingga keluhan dari konsumen, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan mutu produk dan layanan.

Leave a Reply