Teknik Promosi Produk Melalui Media Sosial

Melihat keunikan yang ada pada media sosial, penting untuk melakukan branding social media. Branding bertujuan memberitahukan kepada publik bahwa anda mempunyai bisnis yang sedang dijalankan, meningkatkan jumlah follower, dan mencari target pemasaran serta memperluas jangkauan produk dengan biaya yang lebih murah.

Branding mulai dilakukan dengan cara meningkatkan kesadaran publik terhadap bisnis dan layanan Anda. Kemudian memberikan respons yang baik terhadap tanggapan publik, sehingga menimbulkan kesan positif dari konsumen atau calon konsumen yang membacanya.

Dalam dunia digital, media sosial bisa menjadi perwujudan baru dari cara pemasaran word of mouth. Promosi dari mulut ke mulut memang dikenal efektif karena umumnya rekomendasi produk datang dari keluarga, saudara, dan teman-teman. Media sosial juga dapat membangun kepercayaan publik dari profil, konten yang diunggah dan dibagikan, serta cara pemiliknya berinteraksi.

Media sosial juga terbukti mampu membangun keterikatan dengan konsumen. Melalui fitur share, like, comment, dan retweet, jangkauan pemasaran pun menjadi lebih luas. Selain itu, dengan fitur tag, Anda juga dapat memberikan kabar langsung kepada orang lain dan meminta pendapat melalui kolom komentar.

Cara Melakukan Branding di Media Sosial

Setelah mengetahui pentingnya branding di media sosial, kemudian lakukan langkah-langkah untuk mem-branding produk di media sosial:

  1. Memilih Media Sosial yang Tepat

Ada banyak media sosial yang tersedia saat ini. Akan tetapi, perlu menyeleksi media mana yang cocok dengan produk Anda. Misalnya, untuk pakaian, sepatu, atau produk perawatan kulit, media yang cocok adalah Instagram dan Facebook, bukan LinkedIn.

  1. Gunakan Konten Visual

Jika aktif menggunakan media sosial, Anda dapat membuat konten-konten visual untuk pemasaran. Untuk kegiatan branding dan promosi, konten visual dinilai lebih efektif dan menarik dibandingkan hanya teks.

  1. Menyampaikan Informasi yang Benar

Menggunakan media sosial untuk berbisnis sama halnya dengan berbisnis secara langsung. Dalam hal ini tentang memberikan informasi produk kepada publik. Berikan deskripsi produk sesuai dengan kondisi sebenarnya, tanpa dilebih-lebihkan atau memasukkan keunggulan produk yang sebenarnya tidak ada. Selain itu, hindari mengunggah konten yang tidak relevan dengan produk dan layanan Anda menggunakan akun bisnis.

  1. Konsisten

Dalam membuat branding, Anda harus konsisten. Tentukan jenis-jenis dan muatan konten apa saja yang akan Anda posting kemudian jadwalkan waktunya. Di samping menawarkan produk dan jasa, jangan lupa memberikan konten-konten yang bernilai edukasi atau pengetahuan kepada khalayak.

Branding social media yang terarah, terencana, dan konsisten akan memberikan kekuatan kepada pemasaran produk Anda. Dengan branding, kesadaran publik terhadap produk pun meningkat sehingga lebih mudah diterima di pasaran.

Penulis lepas dan lagi belajar terus soal kehidupan

Leave a Reply