TAPPAI Keberatan Penggunaan Kata Lawyers dalam Talkshow ILC

Tim Advokasi Peduli Profesi Advokat Indonesia (TAPPAI) melalui juru bicaranya Jahmada Girsang menyampaikan bahwa pada 15 November 2019 telah bertemu dengan dengan Perwakilan KPI Pusat. Dalam pertemuan tersebut, TAPPAI menegaskan bahwa pengguaan kata Lawyers dalam ILC sudah sepatutnya dikaji kembali oleh KPI Pusat mengingat dalam acara-acara tersebut menampilkan adu argumentasi yang justru dilakukan kebanyakan bukan oleh Advokat. Menurutnya, Lawyers dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan salah satunya adalah Advokat.

TAPPAI menegaskan bahwa Advokat adalah Profesi Yang Terhormat (Officium Nobile) dan kadangkala debat yang dilakukan dalam ILC malah menampilkan adu argumentasi yang tidak semestinya ditampilkan karena dapat mengesankan public bahwa Tayangan ILC adalah kegiatan Lawyers yang notabene merupakan Advokat.

Perwakilan KPI PUSAT menurut Jahmada Girsang telah menanggapi keberatan TAPPAI tersebut dan menyatakan jika KPI akan melakukan pleno dalam waktu dekat. Jahmada berharap agar pleno tersebut dapat dilakukan dan tidak mendadak agar kami TAPPAI yang anggotanya dari berbagai daerah bisa ikut dalam Pleno.

Partner di kantor hukum Bireven and Partners, anggota PERADI Grand Slipi Tower, Anggota dan Pengurus Perkumpulan Pengajar dan Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Indonesia (P3HKI), Founder WAG Sarjana Hukum , Inisiator Tim Advokat Uji Materiil Permenkumham Paralegal, Inisiator Tim Advokasi Amicus, Inisiator Tim Advokasi Peduli Hukum Indonesia, Inisiator Komunitas Peduli BPJS Kesehatan, Inisiator Komunitas Advokat Pengawal RUU Hukum Pidana, Anggota Tim Advokasi Peduli Penerbangan Indonesia, Anggota Tim Advokasi Peduli Pendidikan Indonesia, Anggota Tim Advokasi Peduli Hukum Maritim Indonesia, Anggota Tim Advokasi Peduli Profesi Advokat Indonesia (TAPPAI)

Leave a Reply