Syarat Nyata dan Tidak Nyata Ketika Ingin Liburan

Saat bekerja maupun liburan, tentu ada aturan dan hukum yang berlaku di dalamnya. Saat naik transportasi umum misalnya. Anda diharuskan membeli tiket, menukarkannya, dan datang sesuai jadwal. Jika Anda terlambat, sudah pasti Anda tertinggal dan harus membeli tiket yang baru. Beberapa peraturan tertulis di dalam tiket, namun ada juga beberapa aturan yang tidak tertulis, dan tetap wajib Anda patuhi. Begitu juga ketika membawa kendaraan pribadi. Anda diharuskan memiliki surat izin mengemudi, dan menggunakan perlengkapan yang sudah ditentukan, seperti memakai sabuk pengaman, atau menggunakan helm standar nasional Indonesia. Jika tidak, Anda harus siap untuk di tilang oleh petugas yang berwajib.

Bicara liburan, ada beberapa tempat destinasi yang dapat Anda pilih, sesuai dengan selera Anda. Eitsss jangan lupa dengan aturan mainnya ya! Berikut referensinya!

Ketika pergi ke pantai, Anda diwajibkan untuk membeli tiket masuk. Harganya beragam tergantung dari daerah yang Anda kunjungi. Untuk menikmati pasir pantai dan pemandangannya, Anda bisa duduk dengan menyewa tikar atau gubukan yang sudah disediakan. Gunakanlah sunblock, dan jangan lupa membayar alat snorkeling yang Anda sewa yaa ? Aturannya mudah, jangan injak terumbu karang di pesisir pantai, jika tak ingin di gigit oleh ikan-ikan, atau dimarahi pengunjung lain. Di beberapa pantai, Anda juga bisa olahraga surfing lho, jangan lupa kenakan alat surfing sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika pergi ke laut, biasanya Anda akan ditawarkan paket wisata menggunakan kapal ke tengah laut. Tak hanya itu, Anda juga akan ditawarkan untuk menyewa alat menyelam untuk menikmati biota bawah laut. Perbedaannya dengan pantai, Anda akan di bawa ke kedalaman tertentu yang tidak bisa dijangkau langsung oleh manusia dengan berenang.

Ketika pergi untuk panjat tebing, pastikan Anda membawa peralatan yang cukup dan setidaknya mengenali medan yang akan Anda hadapi. Jangan lupa membawa hardness, dan perhitungkan berapa banyak tali yang harus Anda bawa, serta peralatan lainnya seperti carabiner, ascender dan descender, webbing, hammer, piton, hanger, kantung magnesium, bila perlu membawa chock (chock and friend). Gunakan juga sepatu khusus untuk memanjat. Ini tentu untuk keselamatan Anda.

Ketika pergi ke gunung, Anda pun diwajibkan untuk membeli tiket masuk. Sleeping bag, tenda, dan sepatu, biasanya menjadi syarat umum yang harus Anda penuhi jika ingin diizinkan untuk mendaki. Bukan itu saja, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan pendakian Anda dengan surat izin pendakian, dan di beberapa pengunungan di Indonesia, Anda diwajibkan juga menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Anda dapat melihat situs resmi gunung tersebut, untuk melihat apakah pada tanggal yang Anda jadwalkan masih tersedia quotanya. Jika masih tersedia, tentulah Anda beruntung. Namun jika quota sudah habis, jangan coba-coba menjadi pendaki gelap. Berapa lama perkiraan Anda untuk mendaki pun harus dicatatkan. Di beberapa gunung, Anda juga sebaiknya membawa webbing dan beberapa alat pendakian tebing. Kode etik yang harus dipatuhi pendaki adalah: (1) jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jadi Anda harus membawa kembali sampah Anda ketika turun gunung, (2) jangan mengambil apapun kecuali foto, tentunya Anda tidak boleh memetik bunga edelweis yang tumbuh di gunung jika Anda tidak ingin di caci maki oleh pendaki lainnya, dan Anda dapat membeli bunga edelweis hasil tanaman warga di kaki gunung, dan (3) jangan membunuh apapun kecuali waktu.

Ketika pergi ke air terjun, persiapannya tak seribet naik gunung. Biasanya Anda hanya diwajibkan untuk membeli tiket masuk saja, dan Anda bisa menghabiskan waktu menikmati keindahan alamnya. Namun ada beberapa peraturan yang tidak membolehkan Anda untuk berenang di tempat-tempat tertentu. Hal ini disebabkan karena adanya pusaran di air terjun tersebut, yang dapat membahayakan nyawa Anda.

Ketika pergi ke pedalaman, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah kebiasaan orang-orang asli di sana. Jangan sampai Anda salah berprilaku atau salah menggunakan warna baju, bahkan salah membawa barang bawaan. Di beberapa pedalaman, biasanya adat istiadat masih sangat dijunjung tinggi, sehingga ketika Anda berada di lingkungan tersebut, Anda pun harus mematuhinya.

Ketika pergi ke pulau lain, kenali juga adat istiadatnya dan kebiasaan serta aturan umum yang berlaku.

Ketika pergi ke negara lain, pastikan Anda memiliki paspor, dan di beberapa negara mengharuskan Anda memiliki visa. Jika Anda lupa membawa paspor dan visa, alamat Anda tidak akan boleh masuk ke negara tersebut lho. Untungnya, warga Indonesia tidak harus memiliki visa ketika berkunjung ke negara ASEAN, dan beberapa negara lainnya. Tapi jangan lupa cek paspor Anda ya! Jangan sampai status paspor sudah kadaluarsa ?

Jika Anda sudah memahami betul tentang aturan-aturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak tertulis, liburan Anda dijamin akan menyenangkan tanpa hambatan. Namun jika Anda tidak mengetahuinya, siap-siap waktu Anda akan terbuang untuk mengurusi kekurangannya yaa ?

Penulis lepas dan lagi belajar terus soal kehidupan

Leave a Reply