Dalam Berbisnis Membangun Networking Itu Penting! Simak Caranya

Memiliki relasi atau Networking dalam bisnis dapat mendongkrak koneksi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan bisnis Anda karena proses ini melibatkan hubungan antar pribadi, hubungan dengan komunitas, dan perusahaan lain. Networking tidak terbatas pada hadir dalam pertemuan-pertemuan dalam jejaring, saling berkenalan, kemudian mengumpulkan kartu nama. Lebih daripada itu, networking harus menjadi sebuah tindakan yang terfokus dan strategis. Memang tidak semua orang atau badan yang Anda temui akan mendukung kemajuan bisnis. Oleh sebab itu, Anda perlu menentukan siapa yang harus ditemui, bagaimana menemuinya, dan bagaimana memanfaatkan hubungan tersebut ke arah saling menguntungkan.

Jadi, inti dari networking bisnis ialah aktif menjalin relasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pertumbuhan usaha Anda. Networking seharusnya tidak berjalan secara mengalir saja, melainkan diawali rencana dan dilakukan secara konsisten.

Networking telah dilakukan oleh banyak pengusaha sukses dalam perjalanan karier mereka. Meskipun telah menapaki sukses, mereka pun tidak berhenti membangun jaringan, baik dengan sesama pengusaha maupun di luar lingkaran pengusaha. Networking dilakukan agar timbul komunikasi intens dan saling percaya antara satu pihak dengan yang lain.

Teknik Membangun Networking Bisnis yang Efektif

Dalam bisnis, networking harus dilakukan dengan sejumlah teknik, khususnya dalam menjalin relasi dengan orang-orang berpengaruh di sekitar Anda. Berikut ini teknik-teknik networking yang wajib dilakukan dalam bisnis:

MUST READ  Jangan Lakukan ini Ketika Memilih Nama Perusahaan

1. Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat penting untuk memulai sebuah komunikasi dalam berjejaring. Kurang percaya diri dapat menghalangi komunikasi dengan orang yang baru saja ditemui. Oleh sebab itu, percaya harus dipupuk dengan cara berlatih berkomunikasi dengan rekan-rekan sesama pengusaha di lingkungan Anda. Selanjutnya, baru dikembangkan ke jejaring yang lebih luas.

2. Memupuk Jiwa Pemenang

Dalam membangun relasi dengan seseorang yang diharapkan dapat menjadi rekan bisnis harus mempunyai semangat untuk maju. Sebagai pengusaha, Anda harus memiliki jiwa pemenang agar tidak rendah diri berhadapan dengan orang lain. Apabila sudah berhasil membangun jaringan yang setingkat dengan Anda, jangan segan-segan untuk networking dengan tingkat yang lebih tinggi diiringi dengan usaha meningkatkan potensi diri dan prestasi.

3. Menentukan Target Rekan Bisnis

Mengembangkan jaringan bisnis memerlukan waktu yang lama. Maka, Anda perlu menentukan target rekan bisnis yang ingin didapatkan. Contohnya, dalam satu bulan Anda ingin berjejaring dengan dua atau tiga orang atau beberapa perkumpulan pengusaha.

4. Menjadikan Networking Sebagai Kebiasaan

Membangun jaringan bukan hanya dilakukan untuk satu keperluan saja, melainkan perlu dilakukan secara terus menerus. Ketika terbiasa melakukan pertemuan atau bertemu orang-orang baru, rasa percaya diri Anda pun meningkat sehingga mempermudah membentuk relasi. Buatlah agenda pertemuan di luar acara formal, misalnya olahraga bersama, makan malam, atau rekreasi dengan rekan-rekan bisnis dan komunitas pengusaha.

MUST READ  Ini Yang Wajib Diketahui Sebelum Permohonan Pailit Diajukan

5. Menyimpan Daftar Relasi dengan Baik

Setelah berkenalan, tugas Anda bukanlah mengoleksi daftar kontak dan kartu nama, melainkan menindaklanjutinya. Dengan adanya media sosial, daftar relasi Anda akan terpelihara dengan baik. Manfaatkan juga fitur-fitur dalam telefon pintar untuk menyimpan informasi-informasi penting tentang orang-orang yang telah Anda kenal.

6. Menindaklanjuti Perkenalan

Setelah berkenalan dan berbincang-bincang dengan rekan baru, Anda dapat merencanakan tindak lanjut dari hubungan tersebut. Tindak lanjut dapat dilakukan dengan menjadwalkan pertemuan selanjutnya atau berkomunikasi lewat telepon dan media sosial.

7. Memperdalam Hubungan

Setelah hubungan diteruskan secara daring maupun pertemuan langsung, Anda perlu mendalaminya untuk menghasilkan networking yang berkualitas. Networking tidak dapat dibentuk secara instan, sehingga Anda harus terus memelihara relasi dan kepercayaan satu sama lain.

Pentingnya Membangun Networking Bisnis

Membangun networking bisnis akan membuat masa depan Anda lebih baik. Sebaliknya, Anda pun berpeluang membantu orang lain mengembangkan bisnisnya. Setidaknya ada tiga alasan mengapa networking bisnis sangat penting, yaitu:

1. Mempunyai Banyak Koneksi

Berteman dengan banyak orang akan memperbanyak koneksi. Hasilnya, Anda akan mendapatkan banyak sumber informasi yang berguna bagi kemajuan bisnis seperti informasi pameran inovasi, kompetisi bisnis, dan seminar pengembangan bisnis.

2. Mendapatkan Informasi Langsung

Saat ini informasi memang mudah didapatkan dari internet, seperti media sosial, situs-situs, dan grup dalam aplikasi percakapan. Namun, informasi tersebut kadang tidak valid dan perlu dicek ulang kebenarannya seperti tawaran dana investasi atau prasarana. Jika Anda mempunyai banyak kenalan dari berbagai golongan seperti sesama pengusaha, pegawai pemerintahan, dan komunitas hobi, informasi bisa diperoleh secara langsung dengan tingkat kebenaran tak perlu diragukan.

MUST READ  Agar Tidak Baper, Pahami Rambu-Rambu PHK

3. Membantu Membangun Citra yang Baik

Mempunyai jaringan yang baik berarti sedang membangun citra diri atau reputasi yang baik. Reputasi Anda dan perusahaan merupakan salah satu aset penting yang dapat menentukan keberlangsungan bisnis. Dengan reputasi baik, bisnis Anda akan selalu direkomendasikan oleh berbagai pihak.

Networking bisnis sangat penting untuk menjadikan usaha Anda lebih maju. Oleh sebab itu, sejalan dengan peningkatan kualitas produk dan layanan bisnis, Anda harus mulai membentuk jaringan bisnis yang kuat dan berkualitas.

Leave a Reply