9 Tips dan Strategi untuk Pekerja yang Bekerja dari Jarak Jauh

Semakin maraknya penggunaan teknologi yang dibarengi dengan semakin stabilnya koneksi internet, pengusaha dan juga pekerjanya dapat memilih pendekatan yang lebih fleksibel untuk bekerja. Dan dengan munculnya berbagai penyakit bersifat pandemi, pilihan untuk bekerja dari jarak jauh adalah pilihan yang paling baik terutama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan baik pekerja dan pengusaha

Berikut ini adalah tips dan strategi untuk pekerja yang wajib untuk dipertimbangkan:

Pastikan kita punya akses ke peralatan yang pas

Bekerja dari jarak jauh, pada dasarnya bergantung pada penggunaan teknologi, karena itu kita – sebagai pekerja – harus memiliki akses ke peralatan yang pas. Kalau tidak ada aksesnya, tentu sulit untuk membayangkan keberhasilan dari “kerja jarak jauh”

Kami menyarankan anda memiliki akses ke beberapa peralatan kerja dasar sebagai berikut:

  • Laptop atau Komputer
  • Akses internet yang stabil
  • Akses email perusahaan
  • Telepon

Jangan lupa untuk secara teratur mencari tahu teknologi lain yang dapat membantu kita – sebagai pekerja – untuk membangun komunikasi yang kuat dalam organisasi perusahaan

Pastikan kita punya akses ke ruangan yang nyaman untuk bekerja

Bekerja di rumah atau ditempat lain bukan berarti bekerja dari tempat tidur. Kami hanya ingin mengatakan dengan tegas, bahwa tempat tidur adalah untuk tidur dan istirahat, bukan buat bekerja.

Tapi bukan berarti juga kita harus membuat ruangan kantor di rumah dengan segala perlengkapannya. Yang penting, kita punya ruangan yang nyaman dan dapat digunakan untuk bekerja. Jadi kita tahu kapan memasuki “area kerja” dan kapan memasuki “area bermain”.

MUST READ  Demokrasi dan Otoritas Media Sosial

Pastikan kita bisa menjauhkan gangguan kecil seperti godaan nonton streaming drama korea terbaru

Disiplin pada Jam Kerja

Salah satu hal yang paling menantang dari kerja jarak jauh atau kerja dari rumah adalah disiplin pada jam kerja dan tugas yang wajib kita lakukan. Tantangan terkini yang kita hadapi adalah banyaknya seri drama korea yang menarik atau update-an terbaru di twitter, instagram, facebook, atau malah tiktok?

Kalau gagal disiplin, yang terjadi adalah anda akan bekerja secara ambyar dan kehidupan anda ya malah ambyar sampai pol.

Pastikan kita menerapkan secara ketat jam kerja dan kita sebaiknya mematikan aplikasi yang potensial mengganggu fokus kita pada pekerjaan kita

Buatlah Prioritas dan Hindari Gangguan

Meski kita kerja dari jarak jauh atau kerja dari rumah, pastikan kita tetap mengatur prioritas pekerjaan dan waktu yang kita habiskan untuk pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk menjadwalkan waktu istirahat seperti waktu istirahat di kantor.

Jangan lupa minta teman dan keluarga kita untuk tidak menghubungi kita selama jam kerja yang ditentukan. Bagaimanapun juga, hubungan antar manusia selalu mudah untuk menggoda kita melupakan pekerjaan dan prioritas kita

Tanpa membuat prioritas, kita akan mudah terganggu dan waktu kita akan habis tanpa dapat menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan. Dan yang jelas, kita akan gagal untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan sosial kita

Pastikan Komunikasi Berjalan Lancar

Meski bekerja dari jarak jauh atau kerja dari rumah, komunikasi dengan perusahaan dan tim kerja tetap penting. Seringkali bahasa teks tidak mudah dipahami, jangan segan untuk bertanya bila kita tidak memahaminya dengan baik.

MUST READ  5 Keunikan Media Sosial untuk Promosi Produk

Karena itu pastikan kita tetap berkomunikasi tidak hanya lewat surat elektronik dan aplikasi pesan instan, tapi juga kalau diperlukan adalah melakukan tatap muka jarak jauh (video conference/video call). Bisa jadi komunikasi yang melibatkan wajah, bahasa tubuh, dan suara bisa lebih membantu kita untuk memahami pesan yang disampaikan oleh perusahaan.

Meski fleksibel, jangan lupa soal tanggungjawab

Kerja jarak jauh ataupun kerja dari rumah tentu punya fleksibilitas soal waktu, tapi kita harus tetap bertanggungjawab atas pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan. Kita sendiri yang paling tahu, waktu paling produktif untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi kalau kita mampu menyelesaikan pekerjaan sebelum batas waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Kecuali jika perusahaan tetap mau berkomunikasi dengan kita dalam waktu kerja, pastikan kita tetap bisa dihubungi oleh perusahaan selama waktu kerja tersebut.

Catatkan setiap hasil yang diperoleh

Sebagai warga +62 yang mendapatkan kenyamanan dari bekerja jarak jauh atau kerja dari rumah, kita wajib mencatatkan semua pekerjaan yang telah kita lakukan dan hasil telah kita peroleh. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk lebih akuntabel dan produktif. Salah satu contohnya adalah Timesheet. Atau bisa juga anda membuat timesheet sendiri dengan menggunakan aplikasi lembar lajur atau spreadsheet.

Tanggungjawab dan Transparan

MUST READ  Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Warga +62 sering diasosiakan sebagai manusia yang enggan mengambil tanggungjawab, tak heran jika muncul istilah “buang badan” atau “lempar batu sembunyi tangan” . Tapi kita bukan termasuk golongan yang seperti itukan?

Jadi kalau anda tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dari jarak jauh, sampaikan kepada perusahaan dan komunikasikan dengan tim kerja kita, dan juga klien. Bisa jadi anda butuh untuk tetap masuk ke kantor selama beberapa waktu dan untuk tugas tertentu.

Ingat, kerja dari jarak jauh belum tentu cocok untuk semua jenis pekerjaan, pastikan anda tahu mana pekerjaan yang membutuhkan kehadiran fisik di kantor dan mana pekerjaan yang bisa anda lakukan dari jarak jauh.

Jangan lupa istirahat

Meski bekerja dari jarak jauh, kita juga butuh waktu untuk istirahat, atau keluar sejenak dari rutinitas pekerjaan. Kerja dari rumah salah satu tantangannya kita tidak mampu membedakan waktu istirahat makan siang atau waktu menjauh dari meja atau ruang kerja kita.

Pastikan kita menjadwalkan waktu istirahat untuk siap bekerja lebih produktif lagi

0 Replies to “9 Tips dan Strategi untuk Pekerja yang Bekerja dari Jarak Jauh”

Leave a Reply