Mau Memasuki Dunia Profesi Hukum? Berlatihlah Menyampaikan Gagasan Secara Tertulis

Tantangan dalam dunia kerja semakin sulit, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dan mampu menyelesaikan semua tantangan dalam dunia kerja. Dalam dunia kerja, bukan hanya nilai akademik yang dilihat, akan tetapi juga melihat keterampilan yang dimiliki. Setiap orang tentunya memiliki keterampilannya masing-masing, dan keterampilan tersebut dapat diolah dan didalami lagi. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah memiliki keterampilan dan siap untuk memasuki dunia kerja?

Keterampilan yang dibutuhkan saat bekerja dan tidak kalah penting, adalah menulis. Menulis tidak hanya sekedar merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat dan dituangkan kedalam bentuk tertulis. Lebih jauh lagi, menulis merupakan sebuah keterampilan untuk memberikan informasi mengenai objek tertentu. Maka dari itu, dibutuhkan suatu teknik menulis agar suatu tulisan yang kita buat dapat dimengerti oleh banyak orang.

MUST READ  Dilema Implementasi Hak Untuk Dilupakan di Indonesia

Menulis adalah suatu hal yang dapat dibilang gampang-gampang susah, dimana menulis membutuhkan mood dan situasi nyaman yang terkadang kita tidak dapat perkirakan sebelumnya. Menulis bukan hanya tentang diri kita, akan tetapi menulis adalah bagaimana mengubah sudut pandang kita terhadap sudut pandang orang lain agar bisa dipahami semua orang. Menulis akan terasa mudah jika kita telah mengetahui tekniknya dengan baik.

Menulis tidak hanya tentang puisi, cerpen, novel ataupun cerita lainnya. Masih banyak menulis lainnya yang memerlukan teknik yang benar, seperti misal menulis CV, surat lamaran, legal opinion, artikel, opini, perjanjian, menyusun peraturan peundang-undangan, dukumen dan yang lainnya. Menulis tentunya memberikan peran penting dalam kita memasuki dunia kerja sampai dengan kegiatan bekerja kita sehari-hari. Apalagi jika Anda lulusan sarjana hukum yang tentunya akan membutuhkan banyak ketrampilan menulis dalam menyusun berbagai dokumen-dokumen hukum.

MUST READ  Try Out Ujian Advokat Sambil Karaokean Juga Bisa. Cobain!

Lalu, teknis menulis apa yang harus Anda miliki agar kita dapat menulis dengan baik?

    1. Buatlah senyaman mungkin
    2. Banyak-banyaklah membaca buku atau referensi lainnya
    3. Buat tulisan yang bersifat objektif
    4. Tentukan sudut pandang yang tepat dengan melihat ditujukan kepada siapa tulisan yang Anda buat
    5. Ketahui jenis-jenis tulisan
    6. Gunakan bahasa yang efektif dan mudah dimengerti.

Teknik menulis yang baik dapat dipelajari dan dilatih melalui berbagai media salah satunya melalui kegiatan workshop. Workshop undergraduate dapat diikuti untuk lebih jauh mengetahui teknik-teknik penulisan, teknik riset dan pengolahan kata yang efektif dalam menulis dan menyusun suatu kajian. Workshop undergraduate tidak hanya menyajikan cara teknis menuis yang baik akan tetapi juga akan disajikan bagaimana mengolah keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja diantaranya yaitu public speaking dan bagaimana cara menyiapkan diri kita dalam dunia bekerja di bidang hukum.

Leave a Reply