Dilema Tempat Hiburan Malam

Membaca berita soal penghargaan untuk diskotik Collosseum, jadi ingat, tanggal 14 Januari 2020 pemkot Sydney akan menghapus “lockout laws” yang sudah diterapkan sejak 2014, khusus untuk daerah CBD. Lockout laws adalah suatu perda negara bagian NSW yang melarang tempat-tempat hiburan malam di kawasan-kawasan tertentu menerima masuk tamu baru setelah pukul setengah dua pagi, sekaligus mewajibkan tempat-tempat hiburan malam tersebut berhenti melayani pengunjung pada pukul tiga pagi. Tujuannya adalah untuk menekan angka kekerasan yg terkait dengan penyalahgunaan alkohol, menyusul timbulnya sejumlah kasus kekerasan yang terjadi lewat tengah malam di mana pelakunya berada di bawah pengaruh alkohol mengakibatkan meninggalnya korban yang masih berusia remaja.

MUST READ  Susi, Sang Ratu Pantai Selatan

Meski menurut penelitian lockout laws ini berhasil menekan kekerasan hingga hampir 30%, banyak yang menentang dan menganggap capaian itu tidak sebanding dengan dampak buruknya bagi apa yang disebut dengan “night-time economy“, yaitu perputaran ekonomi di waktu malam hari, di kota Sydney.

Di manapun ternyata urusan hiburan malam adalah isu yang sangat dilematis khususnya bagi para pengambil kebijakan setempat. Di satu sisi, aktivitas hiburan malam diyakini oleh banyak orang mengandung banyak kemudharatan. Namun di sisi lain kontribusinya sebagai salah satu sektor industri pariwisata bagi perekonomian suatu kota, terlebih bagi para pelaku yang mencari nafkah di dalamnya, rupanya cukuplah menggiurkan sehingga tidak dapat diabaikan begitu saja.

MUST READ  Langkah Awal Sebagai Advokat Andal

Tentu saja kontribusi positif pelaku industri hiburan malam khususnya terhadap bergeraknya roda perekonomian di sektor pariwisata, bertambahnya kekayaan dan keragaman budaya, serta meningkatnya penyerapan lapangan kerja di suatu daerah, seperti yang tampaknya dilakukan oleh Colosseum di DKI Jakarta, patut diapresiasi secara layak agar merangsang pelaku industri serupa lainnya memberikan kontribusi positif yang sama atau bahkan lebih baik lagi .

Salut kepada pemprov DKI atas komitmennya dalam hal ini, semoga semakin maju kotanya, semakin bahagia warganya, sekaligus semakin bergairah perekonomiannya.

Leave a Reply