Sebelum Liburan ke Luar Kota, Siapkan 5 Hal Ini Ya!

Liburan menjadi hal yang diidam-idamkan setiap orang lho. Bukan hanya berlibur menghabiskan waktu di rumah seharian, namun juga jalan-jalan. Di Indonesia, banyak destinasi liburan yang dapat Anda pilih, sesuai dengan budget yang Anda miliki. Budget? Ya, karena berlibur di Indonesia membutuhkan biaya yang beragam. Ada beberapa daerah berlibur yang tidak menghabiskan banyak uang, namun ada juga beberapa daerah yang akan menghabiskan uang Anda pastinya.

Agar liburan Anda nyaman, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan lho!

Pertama, pastikan budget Anda cukup untuk berlibur di kota tersebut. Belilah tiket perjalanan Anda, tentukanlah jadwal pemberangkatan dan kepulangan Anda. Untuk mengunjungi kota lain di Indonesia, ada beberapa alternative moda transportasi yang dapat Anda pilih, misalnya pesawat, kapal laut, kereta, bus, atau travel, yang mengharuskan Anda memesan tiket telebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan angkot atau ojek untuk mempermudah perjalanan Anda. Pastinya perhatikan seberapa jauh jarak yang akan Anda tempuh. Pilihan lainnya adalah menggunakan kendaraan pribadi. Dalam hal ini, perhatikan juga jarak, bensin, dan tenaga yang akan Anda keluarkan.

Kedua, persiapkanlah tempat untuk Anda istirahat. Berlibur ke luar kota apalagi tanpa sanak saudara yang tinggal disana, pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Terutama untuk tempat tinggal. Jika Anda berani nekat untuk memasang tenda untuk beristirahat sih oke-oke saja. Namun jika Anda tidak berani melakukannya, tentu Anda harus menyewa penginapan, baik itu resort, villa, hotel, hostel, losmen, ataupun guest house.? Hitung berapa banyak uang yang akan Anda habiskan untuk menginap.

MUST READ  Ketika "Melucu" Jadi Masalah Hukum

Ketiga, perhatikan adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut.

Ketika Anda berlibur ke pulau Sumatera, khususnya di Aceh, Anda diwajibkan untuk mematuhi aturan jam malam yang berlaku di daerah tersebut, yaitu pukul 22.00 WIB. Selain itu, jika Anda seorang perempuan, Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan menutup kepala dengan mengenakan jilbab. Anda baru bisa melepaskan jilbab Anda ketika Anda berada di luar wilayah Aceh, atau setidaknya ketika Anda berada di Pulau Weh, atau ketika berenang di laut. Selain itu, perhatikan juga posisi duduk Anda, karena Anda tidak diperkenankan untuk duduk dengan paha terbuka.

Ketika mengunjungi Keraton Jogjakarta, Anda harus berhati-hati memasuki ruangan, karena ada beberapa ruangan yang tidak dibuka untuk umum. Selain itu Anda juga dilarang mengambil gambar di beberapa ruangan di Keraton. Kemudian jika Anda mengunjungi makam-makan raja atau tempat kramat, biasanya Anda diwajibkan untuk menggunakan kain.

Ketika Anda berkunjung ke Kalimantan, jangan pernah Anda menghina patung kayu yang ada di sana, karena patung ini dianggap sebagai simbol-simbol keluarga yang sudah meninggal, jangan lakukan hal ini meskipun hanya di dalam hati lho. Kemudian jangan memandang rendah masyarakat adat di sana, terutama suku Dayak, apalagi mempermainkan gadis Dayak. Lalu berprilaku sopan ketika berkunjung ke pemakaman atau tempat yang disakralkan di sana.

MUST READ  Hal-Hal yang Tidak Dibahas di Kelas Hukum Pidana  

Ketika Anda berkunjung ke Sulawesi, siapkanlah kecap jika Anda tidak suka pedas. Selain itu, untuk daerah di Latimojong, Anda dilarang merokok. Selain itu, hormatilah desa adat disana, terutama pada benda-benda yang dikramatkan atau dianggap suci, seperti patung keluarga yang sudah meninggal, pepohonan atau rumah untuk penguburan, dan sejumlah tempat lain yang dihormati disana. Bijaklah dalam mengabadikan sebuah foto, dan bercengkramalah dengan baik bersama penduduk disana.

Ketika Anda berkunjung ke Bali, hormatilah Pura-Pura yang dianggap suci oleh masyarakat Bali. Karena tempat tersebut adalah tempat ibadah masyarakat asli Bali, khususnya penganut agama Hindu. Kemudian hargai juga sekotak bunga yang digunakan masyarakat Bali untuk sembahyang. Kalau bisa, usahakan untuk tidak menginjak kotak tersebut. Selain itu, bagi masyarakat Bali yang menganut agama Hindu, Sapi sangat dihormati dan tidak untuk dikonsumsi. Maka sebaiknya, hargai juga kepercayaan tersebut selama Anda berada di sana.

Ketika Anda berkunjung ke Papua, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk. Dulu ketika berlibur kesana, Anda diwajibkan untuk meminum obat khusus dengan durasi yang cukup panjang. Pasalnya penularan penyakit malaria di sana cukup besar. Sehingga Anda harus mengonsumsi obat, atau paling tidak sudah menyuntikkan obat anti malaria. Namun saat ini, Anda tidak perlu takut, cukup siapkan lotion anti nyamuk saja. Namun jika Anda ingin lebih aman, silakan konsumsi obat atau lakukan suntik terlebih dahulu.

Keempat, buatlah itinerary perjalanan Anda. Gak mau dong sudah pergi jauh-jauh, tapi tidak ada kegiatan satupun yang Anda lakukan? Atau gak mau dong tempat yang ingin Anda kunjungi jadi tidak dapat Anda datangi karena salah perhitungan waktu? Makanya, siapkanlah jadwal perjalanan dengan durasi yang memadai. Perhatikanlah jarak tempuh dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Selain itu perhatikan juga soal akomodasi yang dapat mengantar Anda ke tempat tujuan Anda.

MUST READ  Kebiasaan Spoiler Film Yang Memiliki Akibat Hukum

Kelima, siapkanlah uang lebih untuk membeli oleh-oleh. Setiap daerah di Indonesia, memiliki oleh-oleh khas yang mungkin saja tidak bisa Anda dapatkan di daerah lain. Seperti bolu meranti dari Medan, pie susu dari Bali, bawang goreng dari Palu, pisang eppe dari Makasar, atau kerajinan tangan dengan ciri khas masing-masing daerah, seperti kain, pajangan, atau senjata tradisional.

Jika Anda sudah menyiapkan kelima hal tersebut dengan baik, liburan Anda pasti akan berjalan dengan lancar. Eitsss jangan lupa siapkan baju ganti sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda yaa ?

Leave a Reply