Mau Mendapatkan Beasiswa? Cari Tahu Dulu Informasinya!

Beasiswa menjadi impian banyak orang. Mengapa tidak? Dengan adanya beasiswa, orang tersebut dapat melanjutkan impiannya tanpa mengeluarkan dana yang banyak, bahkan tanpa mengeluarkan dana sekalipun. Namun jangan anggap hal ini adalah mudah. Banyak persyaratan dan persiapan yang harus Anda lakukan!

Anda harus memastikan beasiswa apa yang Anda inginkan? Apakah beasiswa dari Universitas Anda belajar, instansi tertentu, Negara, atau luar negeri. Setiap lembaga pemberi beasiswa pasti memiliki masing-masing persyaratan.

Jika beasiswa yang Anda maksud adalah dari universitas tempat Anda belajar, biasanya Anda diharuskan menyiapkan dokumentasi berupa surat keterangan aktif kuliah dan membuat surat permohonan kepada Direktur Kemahasiswaan dengan melampirkan fotokopi:

    1. Kartu Tanda Mahasiswa, dan keterangan aktif kuliah
    2. Kartu Rencana Studi
    3. Transkip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif
    4. Kartu Tanda Penduduk
    5. Kartu Keluarga juga melampirkan surat pernyataan bahwa Anda sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun
    6. Tak jarang, Anda juga akan diminta untuk melampirkan surat keterangan kerja dan penghasilan dari orang tua Anda

Jika beasiswa yang Anda maksud adalah dari instansi tertentu, beberapa syarat yang biasanya dibutuhkan adalah:

    1. IPK minimum 3.00
    2. Bukti print pendaftaran beasiswa
    3. Surat bukti undangan tes, dan pastinya Anda harus dinyatakan lulus dalam tes tersebut
    4. Foto ukuran 4?6 dengan menggunakan almamater Universitas Anda belajar saat ini
    5. Keterangan aktif mengikuti organisasi
    6. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa, dan keterangan aktif kuliah
    7. Transkip Nilai
    8. Keterangan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun, yang biasanya di dukung dari surat yang dikeluarkan oleh pihak Rektorat
    9. Tak jarang, Anda juga akan diminta menuliskan apa alasan Anda menginginkan beasiswa tersebut, serta apa alasan lembaga tersebut wajib mempertimbangkan Anda sebagai penerima beasiswa
MUST READ  Apakah Staf Khusus Presiden adalah Pejabat Publik?

Jika beasiswa yang Anda maksud adalah dari Negara, misalnya dari Kementerian Keuangan (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ? LPDP), Anda memiliki kesempatan untuk memilih 6 jenis beasiswa, yaitu:

  1. Beasiswa Reguler
  2. Beasiswa Disertasi
  3. Beasiswa Dokter Spesialis
  4. Beasiswa Afirmasi:
    1. Beasiswa Daerah Tertinggal
    2. Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
    3. Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
    4. Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan
    5. Beasiswa Penyandang Disabilitas
    6. Beasiswa PNS/TNI/POLRI
    7. Beasiswa Santri
    8. Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan/Talent Scouting
  5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  6. Program Co-Funding

Untuk beasiswa LPDP ini, terbagi dari beberapa periode, dan sebaiknya Anda lebih sering mengunjungi situs ini untuk mengupdate informasinya. Sebagai informasi, beasiswa LPDP berlaku untuk perkuliahan di dalam maupun luar negeri. Namun untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus memastikan universitas mana saja yang ada di dalam program LPDP. Karena tidak semua universitas negeri di Indonesia masuk ke dalam daftar LPDP, dan tidak semua universitas di dunia pun masuk ke dalam daftar LPDP.

MUST READ  Entropi dan Manusia

Berbeda dengan LPDP, untuk beasiswa luar negeri ini, Anda dapat memilih Negara mana yang mau Anda tuju. Beasiswa yang ditawarkan pun bisa jadi beasiswa dari universitas maupun Negara. Anda dapat mengupdate informasi ini di Kedutaan Besar Negara yang Anda inginkan, atau mencarinya di situs-situs beasiswa luar negeri. Peryaratan dari masing-masing Negara biasanya tergantung dari Negara tersebut, namun yang harus Anda pastikan adalah nilai TOEFL/IELST Anda harus memenuhi standar minimum Negara tersebut. Kemudian Anda juga harus memiliki LoA atau letter of acceptance.

Sebelum mempersiapkan persyaratannya, pastikan dulu Anda percaya diri untuk mengajukan beasiswa. Kepercayaan diri menjadi nilai yang amat penting. Karena dengan percaya diri, Anda akan terlihat rilex dalam menjalani kegiatan Anda. Yakinlah pada kemampuan Anda. Karena jika Anda tidak yakin pada diri Anda sendiri, bagaimana pihak lain pun akan yakin pada Anda?

MUST READ  Tantangan Penyatuan PERADI

Jika persyaratan yang dibutuhkan sudah terpenuhi, perhatikanlah jadwal pengajuan dan jadwal penyeleksian peserta beasiswa dengan baik. Agar setiap tahap-tahapnya Anda ikuti dan tidak terlewatkan.

Leave a Reply