Pentingnya Database Perusahaan dalam Kegiatan Operasional

Ketika memulai bisnis, Anda tentu memerlukan pengorganisasian data dalam bentuk tabel-tabel dan aplikasi pengisian data. Sebagai perusahaan yang sedang tumbuh, diperlukan penyimpanan informasi yang dapat diakses kapan saja tanpa harus berada di kantor. Di sinilah pentingnya database dalam meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Berbeda dengan data berupa kumpulan tabel, database lebih terorganisir. Tabel biasa perlu diperbarui secara manual dengan informasi yang ingin dimasukkan, kemudian disimpan dalam perangkat keras. Jika ingin memakainya, harus membuka dokumen di perangkat tersebut. Data manual sangat berisiko rusak atau hilang dan diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sedangkan database dapat diolah sesuai kebutuhan dan diakses oleh orang-orang tertentu saja.

Database dalam perusahaan sangat penting karena operasi bisnis harus dilakukan seefisien mungkin. Perusahaan harus memiliki kumpulan data yang dapat diaplikasikan untuk memajukan bisnis, meningkatkan penjualan, dan pada akhirnya akan mendongkrak profit perusahaan.

Dalam perusahaan, penerapan database contohnya dilakukan pada pemrosesan penjualan dan pembelian, transaksi perbankan, pemesanan tiket, absensi perusahaan, hingga penggajian karyawan.

Database yang dikelola dengan maksimal mampu menekan biaya pembelian perangkat. Karena adanya database terpusat, masing-masing divisi tidak membutuhkan perangkat khusus untuk menyimpan data sehingga ada penghematan dana di sana.

Akibat tidak adanya database, setiap lini mungkin perlu sering rapat untuk menyelaraskan data dan waktu pun banyak terbuang. Tanpa database, kinerja perusahaan pun menjadi tidak efisien sehingga perkembangannya terhambat.

Meskipun database memiliki karakteristik kuat dan aman, terdapat risiko kebocoran data jika tidak dikelola dengan baik. Kebocoran data bisa merugikan dan membawa dampak buruk bagi citra perusahaan.

Untuk menghindari kebocoran data, pilihlah password yang aman untuk akun-akun perusahaan. Setiap lini juga wajib menerapkan kata kunci spesifik yang sulit dibobol. Berikan pembatasan akses dalam database perusahaan bagi pihak-pihak yang tidak berkepentingan dengan data tersebut.

Penulis lepas dan lagi belajar terus soal kehidupan

Leave a Reply