Pemerataan Informasi Bantuan Hukum di Indonesia

Pemerataan penyebaran informasi hukum di Indonesia masih banyak tantangan baik dari sisi geografis ataupun dari banyak sisi lainnya. Sebagai Negara kepulauan yang mengalami masa sentralisasi kekuasaan cukup lama, penyebaran informasi tentu saja terpusat di Jawa terutama di Jakarta.

Meski demikian, di Jakarta sendiri penyebaran informasi hukum sendiri masih banyak yang harus dibenahi. Masih banyak sekelompok masyarakat di Jakarta yang masih belum cukup memiliki informasi terutama informasi hukum. Hal yang paling sederhana, kita masih sulit menemukan letak kantor dari organisasi bantuan hukum yang bisa kita datangi jika ada persoalan dengan hukum.

Sebagai pusat pemerintahan dan pusat pertumbuhan ekonomi, Jakarta adalah kota yang serba lengkap, akan tetapi mendapatkan informasi soal pengacara atau advokat yang mau membela kepentingan kita masih lumayan butuh waktu yang cukup banyak. Lalu bagaimana dengan masyarakat di luar Jakarta atau lebih jauh bagaimana dengan masyarakat yang ada di luar pulau Jawa? Sebagai  contoh, kemarin saya melihat ada orang yang masih bertanya dimana bisa menemukan kantor LBH di Jakarta Utara.

Sebagai Negara hukum, semua hal di Indonesia diatur oleh hukum. Pelaksana hukum, utamanya polisi mudah dilihat diberbagai tempat. Tapi bagaimana kalau kita mau menemukan orang yang mau membela kepentingan kita? Ini masih menjadi soal yang perlu dicarikan jalan keluarnya secara bersama – sama.

Namun saat ini ada 1 layanan yang menyediakan informasi mengenai lokasi dan spesifikasi organisasi-organisasi bantuan hukum yang dapat membantu masyarakat.  Terdapat banyak Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Selain LBH, ada beberapa firma hukum yang menyediakan layanan pro bono atau bantuan hukum cuma – cuma, juga tersedia.  Bagaimana cara mendapatkan informasinya? Silakan Anda mengunjungi situs ICJR Law Hub, sebuah situs pencarian lokasi yang dikelola oleh ICJR.

Adanya ICJR Law Hub mudah – mudahan dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mudah menemukan informasi lokasi organisasi bantuan hukum terdekat dari tempat tinggal dan lingkungannya. Mudah – mudahan, semakin banyak organisasi bantuan hukum atau lembaga bantuan hukum yang terlibat dalam ICJR Law Hub. Semoga saja pemerataan informasi ini semakin menyebar luas, sehingga terwujudlah akses terhadap keadilan yang merata bagi seluruh rakyat.

Penulis lepas dan lagi belajar terus soal kehidupan

Leave a Reply