Not Legal Advice: Sidang dan Kerja Keadvokatan di Masa PSBB?

Kerja litigasi advokat atau kerja yang berurusan dengan pengadilan (termasuk namun tidak terbatas pada rapat-rapat kreditur sesuai UU Kepailitan), bukanlah termasuk pengecualian dalam pasal 10 Pergub PSBB DKI.

Ada risiko (hukum), seorang advokat/kurator yang dalam perjalanan menuju pengadilan ataupun antar pengadilan bisa diberhentikan ataupun diproses oleh penegak hukum sesuai ketentuan UU KM.

Persoalannya, kalau tak ke pengadilan, advokat tidak saja melanggar UU Advokat dan Kode Etik, juga potensial kehilangan klien dan risiko hukum tuntutan dari klien. Sesuatu yang harus dihindari di masa sulit ini.

Sementara ini, belum ada pemahaman yang sama antara Organisasi Advokat dengan Pihak Kepolisian maupun Pemerintah Daerah, apalagi Pemerintah Pusat.

Apa solusinya sementara ini? Tentu saja diskresi penegak hukum. Lalu pertanyaannya, bahan apa yang bisa dipakai oleh para advokat untuk membuktikan kegiatannya tersebut memang benar berkaitan dengan kerja terkait pengadilan?

Salah satunya mungkin kantor hukum bisa menerbitkan surat keterangan kepada para advokat yang akan bersidang atau ke pengadilan tersebut. Surat tersebut menerangkan status dan tujuan advokat tersebut. Ditandatangani dan diberikan stempel resmi oleh kantor advokat. Tentu dilengkapi juga oleh berkas perkara dan bukti keadvokatan.

Tak ada garansi sebenarnya. Tapi itikad baik di antara para pihak sama-sama diperlukan. Saya yakin penegak hukum juga berat hati menghalangi orang bergerak. Advokat pun demikian, sebisanya tak akan bergerak ke mana-mana kalau tak diperlukan. Dan ketika bertemu di jalan, kedua pihak harus menjalankan tugasnya masing-masing, sesuai UU dan etik.

Semoga bisa ada solusinya. Dan ke depannya, dengan asumsi psbb mungkin akan diperpanjang lagi, maka organisasi advokat lagi-lagi bisa dan mau maju untuk mencari jalan keluarnya.

Bobby R. Manalu, Advokat alumnus Univ. Gadjah Mada. Partner pendiri Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP). Sesekali menulis—sambil belajar. Tulisan bukan representasi tempat dirinya bekerja.

Leave a Reply