Mengenal Makna Ikon Banteng VS Beruang Di Dalam Bursa Saham

Ada hal unik yang perlu kita ketahui dalam transaksi yang dilakukan di bursa saham, dimana terdapat dua ikon yang sering digunakan oleh media massa. Kedua ikon ini digunakan untuk memberikan berita mengenai aktivitas perdagangan saham atau perkembangan ekonomi di setiap hari kerja. Media yang membuat berita mengenai perkembangan pergerakan saham/ekonomi biasanya akan menampilkan banteng dan beruang sebagai ikon background di laman berita mereka. Apa makna dari kedua ikon ini?

Baik banteng ataupun beruang keduanya memiliki sebutannya masing-masing di dalam aktifitas di pasar modal. Pada dunia ekonomi, pelaku pasar modal biasa menyebutnya dengan sebutan ?Bullish? untuk banteng, sementara beruang disebut dengan istilah ?Bearish?. Sejarah kemuculan kedua ikon ini tidak ada yang tahu, ada yang mengatakan penggunaan dua istilah ini bermula dari kota London di negara Inggris pada sekitar abad ke-18. Namun ada juga yang berpendapat bahwa istilah ini muncul dari kebiasaan bertarung kedua jenis hewan tersebut.

Ikon banteng memiliki arti yang positif, karena pelaku pasar modal mengkaitkannya dengan kenaikan tren penguatan statistik di pasar saham. Mengapa banteng yang dijadikan sebuah ikon penguatan/tren positif dalam bursa saham? Hal ini dikarenakan adanya sebuah anggapan bahwa banteng yang sedang bertarung akan menyeruduk lawannya, kemudian mengangkat tanduknya ke ?atas?, sehingga pelaku pasar modal di seluruh dunia menggunakan makna ini sebagai hal/tren yang positif dalam kegiatan pasar modal. Sebagai contoh, jika kita menemukan headline berita dengan judul ?IHSG diprediksi akan bullish selama beberapa hari ke depan?, maka judul ini bermakna bahwa indeks harga saham gabungan (IHSG) akan terus menguat selama beberapa hari ke depan.

Dikarenakan ikon banteng memiliki makna yang positif beberapa kantor bursa efek di dunia membuat patung banteng di halaman kantornya, dengan harapan agar selalu mendapatkan tren yang positif dalam kegiatan trading di bursa saham. Contohnya pada tahun 2017 yang lalu, kantor bursa efek Indonesia (BEI) telah memajang patung banteng wulung dan patung charging bull di Wall Street New York yang didirikan pada 15 Desember 1989.

Sementara makna dari ikon beruang memiliki makna yang yang negatif di dalam aktivitas pasar modal. istilah ?bearish? mengacu pada penurunan harga, sehingga para pelaku pasar modal berusaha sebisa mungkin untuk menghindari hal yang bersifat negatif tersebut. Alasan penggunaan ikon hewan beruang dikarenakan adanya anggapan ketika seekor beruang sedang bertarung maka hewan tersebut akan mengarahkan cakarnya ke ?bawah?, dan ikon beruang juga melambangkan ketidakpastian karena beruang suka berhibernasi untuk jangka waktu yang lama sampai bergantinya musim.

Leave a Reply