Mengapa Peningkatan Skill Dibutuhkan?

Perkiraan Waktu Membaca: 6 menit
5
(2)

Sebagai Negara yang sedang berkembang, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian ataupun skill yang baik. Kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang memiliki skill atau keahlian tertentu sebenarnya tidak hanya dibutuhkan oleh pemerintah, akan tetapi juga oleh dunia bisnis, dan secara individual kita juga membutuhkan skill atau keahlian tertentu.

Bahkan menurut prediksi World Economic Forum (WEF), pada 2025, manusia dan mesin akan bekerja berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Karena itu, kita perlu untuk meningkatkan skill, kemampuan, serta pengetahuan agar dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Dengan skill yang mumpuni dan ditunjang oleh kemampuan serta pengetahuan yang baik, akan menjadi dasar yang cukup baik untuk kita semua agar dapat bersaing di masa depan. Ingat, saat ini Indonesia memiliki populasi yang cukup besar yaitu sekitar 270 juta penduduk. Masalahnya, lapangan pekerjaan yang tersedia belum tentu mampu untuk menampung jumlah populasi yang ada di Indonesia.

Mau ikut jadi Advokat? Segera ikut Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan XIII yang dimulai pada November 2022.

Segera daftarkan diri melalui ICJR Learning Hub

Cara meningkatkan skill dan pengetahuan pada saat ini juga sudah beragam. Tidak seperti dulu yang harus mendatangi satu per satu lembaga pelatihan. Saat ini, teknologi membantu kita untuk mencari jalan untuk meningkatkan skill, kemampuan, dan pengetahuan yang kita miliki.

10 Tahun yang lalu, belum terbayang ada orang yang membagi pengetahuannya melalui youtube. Bahkan seorang guru bernama Changsu yang berasal dari Taiwan malah membagi pengetahuan mengenai matematika melalui situs porno, PornHub.

Saya sendiri sering belajar melalui beberapa kanal di youtube, terutama untuk hal – hal teknis yang bukan bidang keahlian saya seperti pemograman menggunakan html dasar. Youtube adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pengetahuan yang tidak saya miliki. Saya juga melihat tiktok untuk mendapatkan pengetahuan – pengetahuan baru terutama di bidang digital marketing.

Belajar melalui youtube tentu tidak salah, tapi sebagian orang memilih meningkatkan skill dan pengetahuan melalui platform belajar yang menyediakan video on demand dan bahan – bahan belajar. Cukup banyak lembaga – lembaga pelatihan yang menyediakan kelas – kelas e learning yang dapat diikuti baik dengan membayar sejumlah uang tertentu atau mengikuti kelas – kelas tersebut secara gratis!

Nah, ada lagi sekelompok orang yang lebih menyukai mengikuti pelatihan online. Ini juga cukup banyak lembaga pelatihan yang menyediakan berbagai kursus peningkatan skill. Umumnya mengikuti kursus- kursus yang diselenggarakan berbagai lembaga pelatihan tersebut memerlukan biaya tertentu. Biaya mengikuti pelatihan online ada di rentang 250 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah.

Melirik Pola Freemium

Nah, ada lagi lembaga pelatihan yang menggunakan model bisnis freemium. Model bisnis ini default pelatihannya gratis, tapi akan berbayar jika ada fitur – fitur tertentu yang dibutuhkan oleh peserta pelatihan. Salah satu lembaga pelatihan yang menggunakan model freemium yang saya tahu di Indonesia adalah ICJR Learning Hub. Konon, mereka terinspirasi dari EdX, sebuah layanan pelatihan yang dikembangkan oleh Harvard dan MIT.

ICJR Learning Hub sendiri mengembangkan layanan pelatihan e learning yang penyebutan resminya adalah kelas pengetahuan mandiri. Kelas – kelas ini bisa diakses secara gratis tanpa biaya sepeserpun, kecuali anda membutuhkan sertifikat yang dikeluarkan oleh mereka.

ICJR Learning Hub juga banyak melakukan berbagai program pelatihan secara online atau kelas pengetahuan reguler yang menggunakan model freemium. Sepanjang 2021, ICJR Learning Hub telah menyelenggarakan 13 kelas pengetahuan reguler. Semua kelasnya gratis dan berbayar jika anda membutuhkan fitur atau layanan tertentu seperti materi dari pengajarnya dan juga sertifikat.

Melihat mimpi yang mau dikembangkan, nggak heran jika pada awal 2022, ICJR Learning Hub meluncurkan program yang belum dipublikasi secara resmi. Namanya Amica@NgertiHukumID. Program ini, kalau membaca situsnya, adalah program membership untuk dapat mengikuti berbagai kelas yang diselenggarakan oleh ICJR Learning Hub. Biayanya juga murah banget, mulai dari 50 ribu rupiah per bulan!

Itu berarti, kita bisa mengikuti berbagai kelas yang dilansir oleh ICJR Learning Hub dengan fitur – fitur Sultan yang bisa kita nikmati tanpa biaya tambahan apapun. Bahkan, kalau mau ikut kelas profesinya, bisa mendaptkan diskon sampai dengan 10%.

Biaya 50 ribu per bulan itu kurang dari biaya ngopi – ngopi cantik di café kelas medium. Itu itungannya kalau pelatihan yang diikuti hanya 1 kelas, tapi kalau ikut 5 – 10 kelas, tidak ada biaya tambahan lagi yang dikenakan.

Nah kapan lagi bisa ikut pelatihan dengan biaya seterjangkau itu dan mendapatkan ilmu yang berlimpah?

Apakah Bahasan ini Menarik?

Klik untuk memberikan penilaian!

Rata - rata penilaian 5 / 5. Penilaian terhitung: 2

Belum ada penilaian! Berikan penilaian anda untuk bahasan ini.

Karena anda telah memberikan nilai...

Jangan lupa bagikan di media sosial!

Advokat | Criminal Defense Litigator | Contitutional Lawyer

Leave a Reply