Karena Kami Kenal Kang Firman

Pertama-tama, mari kita tegaskan bahwa kesuksesan Reuni Akbar IKA FH Unpad yang akan diselenggarakan pada 1 Februari 2020 adalah tujuan bersama dan utama. Sukses tidaknya reuni akbar akan menentukan masa depan IKA FH Unpad yang kita harapkan lebih baik, lebih kuat, lebih besar, lebih hangat.

Dalam hal ini, penting untuk menyadari bahwa kesuksesan reuni akbar bukan melulu persoalan pemilihan Ketua dan Sekjen IKA FH Unpad. Reuni akbar punya romantisme yang lebih besar dari itu. Maka, sebelum saya sedikit berpendapat mengenai Calon Ketua yang saya dukung, ada pesan lebih penting yang harus saya sampaikan di muka: mari sama-sama meriahkan Reuni Akbar IKA FH Unpad yang akan diselenggarakan pada 1 Februari 2020!

Pemilu Calon Ketua dan Sekjen IKA FH Unpad tahun ini membingungkan konstituen. Pasalnya, 5 pasang calon yang maju semuanya adalah alumni terbaik FH Unpad, yang kualitas dan pencapaiannya tidak diragukan. Soal ini kita tahu betul, FH Unpad punya alumni-alumni yang luar biasa. Tidak perlu diragukan. Coba kita telisik dengan satu contoh saja, berapa banyak pimpinan Eselon I dan II dari kementerian dan lembaga nasional yang merupakan alumnus FH Unpad? Banyak sekali!

Kita semua mengerti, berjalan baik atau tidaknya suatu organisasi akan sangat bergantung pada kualitas pemimpinnya. Tapi setiap organisasi memiliki karakter uniknya masing-masing, yang menjadikan tidak semua orang, sebaik apapun resume-nya, cocok untuk memimpin organisasi tersebut.

MUST READ  Setelah 91 Anggota KPPS Meninggal Dunia, Saran untuk KPU

Lalu kualitas pemimpin seperti apa yang dibutuhkan suatu organisasi alumni, yang dapat menghimpun dan menghubungkan para alumni luar biasa dan tersebar di banyak tempat? Bagi saya, hanya mereka yang paling menguasai the art of silahturahmi yang paling cocok untuk menjadi pemimpin organisasi-organisasi alumni.

Soal the art of silaturahmi ini, Kang Firman adalah seorang orisinal. Kang Firman bukan baru-baru ini berupaya menjaring alumni. Dia tidak ujug-ujug menghubungi banyak alumni karena mencalonkan diri sebagai Ketua IKA FH Unpad. Dari dulu ya begitulah Kang Firman, dekat dengan alumni angkatan berapapun yang tersebar di mana-mana. Senior-senior kami sudah mengenal Kang Firman semenjak mereka kuliah dulu. Alumni yang telah berkiprah lama di dunia profesi masing-masing, bahkan alumni yang sedang berada di puncak karirnya, semua telah mengenal Kang Firman sejak Kang Firman masih berkuliah dulu.

Sepanjang pengetahuan saya, Kang Firman selalau mendedikasikan dirinya untuk Almamater tercinta. Sedari kuliah Kang Firman merupakan aktivis terdepan, tidak saja di FH Unpad tapi juga di Jawa Barat dan nasional. Kang Firman juga merupakan salah satu pelopor pendiri banyak unit kemahasiswaan di FH Unpad dan Unpad, salah satunya adalah BEM Keluarga Mahasiswa Unpad. Jadi, kalau soal susah senangnya jadi mahasiswa dan soal-soal kemahasiswaan, Kang Firman mahfum betul.

MUST READ  Kenapa Hukum Pidana Harus Presisi? (Versi Soal Gelandangan)

Selulusnya kuliah hingga hari ini, apa yang bisa Kang Firman lakukan sebagai alumnus, pasti dia lakukan. Sebagai alumnus, dia selalu berusaha membangun kerja sama dengan organisasi-organisasi kemahasiswaan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat hubungan antara mahasiswa dengan alumni. Kang Firman juga selalu terlibat secara mendalam pada kepengurusan IKA FH Unpad dan IKA Unpad, serta juga paguyuban-paguyuban alumni lainnya. Maka soal ke-alumni-an, Kang Firman juga mahfum betul.

Banyak dari kami yang semasa kuliah dulu, tidak segan untuk menelpon langsung Kang Firman untuk meminta pendapat-pendapat atau sekedar curhat terkait kehidupan kemahasiswaan yang kami jalani. Begitu pula bagi banyak alumni senior, dari alumnus muda hingga Guru Besar, setiap membutuhkan bantuan-bantuan yang berhubungan dengan jaringan ke-Unpad-an, yang akan dihubungi adalah Kang Firman.

Kang Firman dikenal banyak orang bukan karena ia ingin terkenal, tapi karena memang ia selalu ingin memberikan bantuan apapun yang ia bisa. Kang Firman selalu mendedikasikan diri untuk almamater bukan karena Kang Firman suatu hari ingin jadi Ketua IKA FH Unpad, tapi karena memang ia tulus mencintai almamater dan ingin melihat almamaternya terbang lebih tinggi dengan melibatkan seluruh alumninya. Sedari dulu. Tanya semua orang yang kenal Kang Firman soal ini, saya yakin, tidak ada yang menyangkal.

MUST READ  Yang Mulia

Coba jika berkesempatan dapat membaca tulisan Kang Erasmus Napitupulu dengan judul “Gagal Netral karena Kang Firman”, ada lebih banyak contoh mengenai hal-hal yang saya sebutkan tentang Kang Firman. Sama seperti tulisan Kang Erasmus, tulisan ini dituliskan dari hati, berdasarkan apa yang kami kenal dari seorang Kang Firman.

Ini yang saya maksud dengan the art of silaturahmi. Kang Firman menguasai itu.

Kang Firman dapat menguasainya karena memiliki kepribadian yang tulus, rendah hati, dan memiliki kecintaan yang besar pada almamater. Oleh karena itu, saya yakin Kang Firman memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Ketua IKA FH Unpad.

Saya yakin, karena saya kenal Kang Firman.

Leave a Reply