Kumpulan Advokat Ini Sayangkan Pengujian Perpres Jaminan Kesehatan Belum Diregister oleh MA

Para Advokat yang sedang mengajukan uji materil terhadap Perpres 75 2019 Tentang Perubahan Perpres 82 2018 Tentang Jaminan Kesehatan menyatakan jika permohonannya sampai saat ini belum menerima Nomor Register Perkara dari Mahkamah Agung Republik Indonesia. Padahal, seluruh berkas dan persyaratan telah lengkap sesuai dengan yang disyaratkan oleh Pasal 31A Undang-Undang No 5 Tahun 2004 Tentang Mahkamah Agung.

Steven Albert, salah seorang pemohon uji materil menyarankan  Mahkamah Agung Republik Indonesia agar segera memeriksa dan memutus Perkara ini karena berkaitan dengan kepentingan public. Ia juga menegaskan jika seharusnya Mahkamah Agung lebih serius menangani Permohonan Hak Uji Materiil yang telah diterima.

Sebagai informasi, Permohonan Hak Uji Materiil terhadap Perpres 75/2019 yang diajukan oleh Para Advokat yaitu Indra Rusmi dkk telah diterima tanggal 25 November 2019 oleh Bagian Pranata dan Tata Laksana TUN.

MUST READ  Memperkuat Kedudukan Profesi Advokat Di Indonesia

Adapun alasan-alasan keberatan yang diajukan bahwa Perpres 75/2019 bertentangan dengan Pasal 5 dan 6 UU 12/2011 karena mengabaikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan.

Leave a Reply