Galau Karena Kartu BPJS Hilang? Ikuti Saja Langkah Berikut!

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan sistem jaminan sosial nasional yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Perlu dipahami terlebih dulu bahwa kedua sistem jaminan sosial tersebut memiliki perbedaan lingkup jaminan. Dalam Pasal 6 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS) BPJS Kesehatan menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program: Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian. Singkatnya, BPJS Kesehatan sendiri lebih ke jaminan sosial untuk berobat, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk perlindungan pekerja akan hal-hal yang mungkin terjadi saat melakukan suatu pekerjaan, termasuk pula jaminan hari tua.

BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan ini diaplikasikan dalam bentuk kartu, yang ditandai sebagai tanda kepemilikan yang berisi nama dan nomor kartu kepesertaan. Sebaiknya bawa saja kartu BPJS kemana saja Anda pergi, agar bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Namun tidak menutup kemungkinan kartu BPJS Anda akan hilang, entah itu karena keteledoran Anda, atau karna hilang bersama tas atau dompet. Namun jika kartu BPJS hilang, jangan dulu panik, ya! Ikuti langkah berikut untuk mendapatkan kartu BPJS yang baru.

Bagaimana jika kartu BPJS Kesehatan hilang?

Untuk mengurus kartu BPJS yang hilang, sangatlah mudah, bahkan waktu pemrosesan kartu baru biasanya hanya membutuhkan waktu 1 hari saja. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Kantor BPJS terdekat atau ke Kantor BPJS saat Anda pertama mendaftarkan diri.

Siapkan terlebih dahulu syarat pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang hilang, antara lain:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan
  • Surat pernyataan kartu BPJS hilang dari Kantor Polsek terdekat.

Lalu, bagaimana jika kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang?

Proses pengurusan BPJS Kesehatan yang hilang kurang lebih mirip dengan kehilangan kartu BPJS Kesehatan, hanya tempat pengurusannya saja yang berbeda. Proses penggantian kartu dilakukan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa persyaratan antara lain:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • Jika ada, bawalah fotokopi Kartu BPJS yang hilang,
  • Surat pernyataan kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dari Kantor Polsek terdekat, dan
  • Surat pengantar HRD atau dari kantor tempat Anda bekerja (biasanya akan mempermudah proses pengurusan)

Selain berkas tersebut diatas, siapkan juga materai 6000 dan serahkan persyaratan tersebut kepada petugas di Kantor BPJS tujuan untuk diverifikasi. Perlu juga bagi Anda untuk menyimpan banyak fotokopi Kartu BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan untuk jaga-jaga apabila suatu saat nanti kartu Anda tersebut hilang.

Nah. Sudah tahu kan cara mengganti Kartu BPJS yang hilang. Jangan galau lagi, ya dan segera urus kartumu!

Leave a Reply