Kenali Pentingnya Hak Perlindungan Terhadap Varietas Tanaman

Perlindungan Varietas Tanaman (PVT), adalah perlindungan khusus yang diberikan negara, yang dalam hal ini diwakili oleh Pemerintah dan pelaksanaannya dilakukan oleh Kantor Perlindungan Varietas Tanaman, terhadap varietas tanaman yang dihasilkan oleh pemulia tanaman, melalui kegiatan pemuliaan tanaman. Suatu kultivar/ras tanaman yang didaftarkan ke kantor PVTPP yang bertempat dikantor kementerian pertanian untuk mendapatkan hak perlindungan varietas tanaman harus memiliki beberapa karakteristik seperti :

? Baru,
? Unik,
? Seragam,
? Stabil, dan
? Telah diberi nama.

Hak perlindungan varietas tanaman ini merupakan suatu bentuk imbalan atas upaya yang dilakukan pemulia/pembuat suatu jenis varietas tanaman dalam merakit kultivar/ras varietas tanaman yang dikembangkannya, sekaligus untuk melindungi konsumen (penanam bahan tanam atau pengguna produk) dari pemalsuan atas produk yang dihasilkan dari kultivar tersebut.

Sedangkan Pengertian Perlindungan Varietas Tanaman menurut UU No. 29 Tahun 2000, Pasal 1 ayat 1 adalah : ?Perlindungan khusus yang diberikan negara, yang dalam hal ini diwakili oleh pemerintah dan pelaksanaannya dilakukan oleh Kantor Perlindungan Varietas Tanaman, terhadap varietas tanaman yang dihasilkan oleh pemulia tanaman melalui kegiatan pemuliaan tanaman?.
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki sumber daya hayati yang sangat banyak dan beragam jenisnya. Namun sayangnya kasus pembajakan varietas-varietas tanaman di Indonesia masih saja sering terjadi. Dalam pelaksanaan Undang-undang Perlindungan Varietas Tanaman diharapkan peranan dari lembaga atau instansi yang dalam lingkup Departemen Pertanian untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya guna memberikan perlindungan hukum yang memadai terhadap varietas tanaman yang unggul dan terbarukan, seperti:

MUST READ  Kenapa Hukum Pidana Harus Presisi? (versi soal penghinaan Presiden dan Wakil Presiden)

a) Varietas tanaman yang bisa diberikan hak PVT harus diberi penamaan terlebih dahulu, selanjutnya sesuai dengan ketentuan dalam pasal 2 ayat (6) UUPVT menjelaskan bahwa untuk bisa menjadi nama varietas tanaman, varietas yang bersangkutan harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:Nama varietas tersebut terus dapat digunakan meskipun masa perlindungannya telah habis;
b) Pemberian nama tidak boleh menimbulkan kerancuan terhadap sifat-sifat varietas;
c) Penamaan varietas dilakukan oleh pemohon hak PVT dan didaftarkan pada Kantor PVT;
d) Apabila penamaan tidak sesuai dengan ketentuan butir b, maka kantor PVT berhak menolak penamaan tersebut dan meminta penamaan baru;
e) Apabila nama varietas tersebut telah dipergunakan untuk varietas lain, maka pemohon wajib mengganti nama varietas tersebut; dan
f) Nama varietas yang diajukan dapat juga diajukan sebagai merek dagang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

MUST READ  Tantangan Penyatuan PERADI

Varietas tanaman yang tidak dapat diberi hak PVT adalah jenis varietas tanaman yang penggunaannya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban umum, kesusilaan, norma-norma agama, kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup. Adapun jangka waktu PVT meliputi :

? 20 (dua puluh) tahun untuk tanaman semusim; atau
? 25 (dua puluh lima) tahun untuk tanaman tahunan.

Jangka waktu PVT dihitung sejak tanggal pemberian hak PVT. Sejak tanggal pengajuan permohonan hak PVT secara lengkap diterima di kantor pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian (PVTPP), yang bertempat di kantor kementrian pertanian sampai dengan diberikan hak PVT tersebut. Kemudian pihak pemohon akan diberikan perlindungan sementara.
Pemegang hak PVT adalah orang atau badan hukum, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak PVT dari pemegang hak PVT sebelumnya. Jika suatu varietas dihasilkan berdasarkan perjanjian kerja, maka pihak yang memberi pekerjaan itu adalah pemegang hak PVT, kecuali diperjanjikan lain antara kedua belah pihak dengan tidak mengurangi hak pemulia.

MUST READ  Selain LPDP, Berikut Program Beasiswa yang Dapat Anda Pertimbangkan

Pemegang hak PVT dapat memiliki hak untuk menggunakan dan memberikan persetujuan kepada orang lain atau badan hukum lain untuk menggunakan varietas yang berupa benih dan hasil panen yang digunakan untuk propagasi. Ketentuan tersebut berlaku juga untuk :

1. Varietas turunan esensial yang berasal dari suatu varietas yang dilindungi atau varietas yang telah terdaftar dan diberi nama;
2. Varietas yang tidak dapat dibedakan secara jelas dari varietas yang dilindungi; serta
3. Varietas yang diproduksi dengan selalu menggunakan varietas yang dilindungi.

Leave a Reply