Ini Alasan Kenapa Database Perusahaan Penting!

Database atau basis data merupakan sebuah kumpulan data yang terorganisasi dan dihubungkan satu sama lain untuk memudahkan pencarian informasi. Maka, database perusahaan berarti kumpulan berbagai data dan informasi tentang perusahaan yang disusun sistematis. Data tersebut dapat diperiksa, diolah, ataupun dimanipulasi menggunakan program komputer untuk kepentingan perusahaan.

Database memiliki peran penting mengelola data perusahaan dengan lebih efektif dan efisien. Dalam pengelolaannya, database menggunakan sebuah program atau sistem manajemen database yang disebut Database Management System (DMS).

Fungsi Database

Berdasarkan pengertian di atas, database perusahaan berarti basis data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang digunakan untuk kepentingan bisnis dan operasi perusahaan. Database dapat berupa kumpulan dokumen, tabel, atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam media elektronik.

Adapun fungsi database ialah:

1. Mempermudah Pengelompokan Data

Database menjadikan pekerjaan mengelompokkan data menjadi lebih mudah. Data dan informasi dapat dikumpulkan berdasarkan kategori sehingga mudah dipahami oleh orang yang menggunakannya.

MUST READ  Cara Mudah Mendirikan CV (Comanditaire Venootschap)

Karena data terorganisasi dengan baik, pencarian suatu data pun menjadi mudah. Database sendiri mampu mengurutkan data sehingga teratur dan dapat terkumpul secara cepat. Hasilnya, database mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.

2. Mencegah Data Ganda

Database membuat pengelompokan data menjadi lebih efektif, mencegah data terduplikasi dan menghindari adanya data yang tidak konsisten. Database juga dapat mengurangi kemungkinan data ganda atau berulang dalam berkas-berkas yang berbeda.

3. Memudahkan Pengelolaan Data Perusahaan

Dengan adanya database perusahaan, proses penyimpanan, akses, pembaruan, dan penghapusan data bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, data pada database tidak mudah diubah oleh semua orang meskipun data digunakan oleh berbagai pihak, karena dapat dikontrol dari server pusat saja.

4. Menjaga Kualitas Data

Kualitas data yang disimpan dalam database lebih terjaga, sehingga hasil data yang diakses sama dengan yang di-input ke dalamnya. Database memungkinkan integritas informasi terjaga, karena database akan memastikan data akurat, mudah diakses, konsisten, dan berkualitas.

MUST READ  Omnibus Law atau Revisi DNI?

5. Meningkatkan Kinerja Aplikasi

Menggunakan database perusahaan, kinerja aplikasi yang digunakan oleh perusahaan pun dapat lebih terkontrol dan efektif. Pada akhirnya, aplikasi tersebut mampu membantu meningkatkan keuntungan perusahaan. Database yang dibuat dan dikelola dengan baik juga dapat membantu perusahaan membuat aplikasi baru tanpa mengubah struktur database yang sudah ada.

6. Menjaga Kerahasiaan Data

Database menjamin keamanan data dan informasi perusahaan dengan cara menyisipkan kode akses pada data-data tertentu yang tidak dibuka untuk semua kalangan. Database perusahaan yang dikelola dengan Database Management System (DMS) biasanya dilengkapi dengan manajemen pengguna yang memungkinkan pembuatan hak akses berbeda-beda antara satu pengguna dengan yang lain. Data akan terjaga independensinya karena orang lain tidak dapat memanipulasi meskipun dapat mengaksesnya.

MUST READ  Yuk Pahami Perbedaan Tiga Bentuk Perseroan!

7. Memudahkan Berbagi Data

Adanya database memungkinkan pembagian data atau informasi kepada sesama pengguna yang lain. Database dapat digunakan secara bersamaan dalam suatu perusahaan, misalnya diakses secara bersamaan antara admin, bagian pemasaran, dan manajemen. Dalam waktu bersamaan mereka memerlukan database tentang data pemasok, tetapi tidak harus membuat database masing-masing.

Dalam Bisnis, Mengelola Database Perusahaan itu Wajib Hukumya

Leave a Reply