7 Tips dan Strategi untuk Perusahaan yang memilih punya Mekanisme Kerja Jarak Jauh

Semakin maraknya penggunaan teknologi yang dibarengi dengan semakin stabilnya koneksi internet, pengusaha dan juga pekerjanya dapat memilih pendekatan yang lebih fleksibel untuk bekerja. Dan dengan munculnya berbagai penyakit bersifat pandemi, pilihan untuk bekerja dari jarak jauh adalah pilihan yang paling baik terutama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan baik pekerja dan pengusaha

Berikut ini adalah tips dan strategi untuk perusahaan yang wajib untuk dipertimbangkan:

Tetapkan hasil yang anda harapkan

Sebagai perusahaan yang menerapkan kerja jarak jauh sudah pasti kita harus menyadari bahwa pekerja lebih dominan untuk mengatur waktu kerja, karena itu kita sebagai perusahaan harus menetapka hasil yang lebih jelas yang kita harapkan dari pekerja.

Misalnya, kita harus membuat daftar pertanyaan berikut:

  • Tujuan umum perusahaan
  • Pekerjaan yang harus jadi prioritas selama minggu depan
  • Siapa yang bertanggungjawab dan harus dihubungi jika ada masalah
  • Berapa jam dalam seminggu waktu kerja yang diminta oleh perusahaan
  • Jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu harian atau mingguan

Pastikan kita mengkomunikasikan pertanyaan ini dengan pekerja agar kita berada dalam tujuan yang sama dan agar berdampak pada tujuan perusahaan dan tingkat kepuasan dari para pekerja

Pantau dan Lakukan Evaluasi

Praktik manajemen terbaik dari perusahaan adalah memantau secara teratur setiap kemajuan dan hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja. Sebagai perusahaan, kita harus bisa melihat seberapa jauh target dari perusahaan bisa dicapai oleh setiap pekerja.

MUST READ  Ingin Sukses Berinvestasi? Simak Dulu Tahap dan Tips Berikut!

Jangan lupa lakukan evaluasi secara teratur melalui konferensi tatap muka untuk melakukan evaluasi terhadap target yang dicapai dalam tim kerja ataupun perusahaan secara keseluruhan.

Miliki Teknologi Manajemen SDM

Jika perusahaan memiliki teknologi manajemen SDM, akan sangat membantu perusahaan untuk memastikan pengawasan, evaluasi, dan bantuan dari perusahaan yang mungkin dibutuhkan oleh pekerja

Jika belum punya teknologi manajemen SDM, kita bisa menggunakan berbagai perangkat dan aplikasi yang tersedia untuk mengelola SDM perusahaan.

Interaksi yang efektif

Bekerja dari jarak jauh atau dari rumah, bisa menimbulkan kebosanan apalagi jika pekerja tidak selalu dapat berhubungan dengan orang lain dalam waktu kerja secara real time. Karena itu dukungan dan semangat perlu diberikan oleh perusahaan kepada pekerjanya agar pekerja dapat selalu termotivasi.

Dengan berinteraksi secara efektif, pekerja akan selalu mendapatkan update terbaru dari perusahaan. Dan yang terpenting, meski pekerja lebih mandiri dan punya rasa percaya diri yang tinggi, pekerja juga tidak ingin merasa dilupakan oleh perusahaan

Selain itu, kita harus mengkomunikasikan bahwa hasil yang dicapai oleh masing – masing pekerja akan mempengaruhi tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

MUST READ  Simak! Ini 4 Aspek Penting Terkait Peraturan Perusahaan

Percayalah pada pekerja kita dan transparan

Perusahaan perlu menanamkan rasa percaya kepada pekerja bahwa pekerja kita akan menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan sebaik mungkin dengan kemampuan terbaik dan dilakukan dalam waktu yang seefisien mungkin.

Jika perusahaan masih memiliki ketidakpercayaan pada pekerja, ada baiknya perusahaan dan pekerja berkomunikasi tentang apakah pekerjaan jarak jauh sesuai dengan kebutuhan pekerja dan perusahaan dan bagaimana mengatasi tantangan – tantangan yang terjadi.

Dengan model kerja jarak jauh, pekerja harus mengatur dan mengelola beban kerja, prioritas, dan waktu kerja secara mandiri. Transparan dan terbuka adalah mekanisme terbaik bagi perusahaan dan pekerja untuk menimbulkan kepercayaan baik dari perusahaan dan juga pekerja. Bersikap transparan dan terbuka memberi pekerja kesempatan untuk mengatasi tantangan atau meminta lebih banyak bantuan dari perusahaan

Komunikasi dan Masukan

Perusahaan dan pekerja perlu memiliki teknik komunikasi yang efektif agar mekanisme kerja jarak jauh dapat dilakukan secara lebih baik. Karena itu komunikasi dengan pekerja tidak bisa berlangsung 1 arah dan bersifat top down.

Komunikasi penting untuk menciptakan, mempertahankan, dan mendorong keberhasilan dari tujuan dan budaya perusahaan. Selain itu komunikasi juga penting untuk membuat pekerja merasa menjadi bagian terpenting dari tim kerja atau perusahaan.

MUST READ  101 Bekerja dari Rumah: Panduan Sederhana Buat Menjalani Pekerjaan Jarak Jauh

Agar pekerja merasa menjadi bagian penting penting dari perusahaan, maka masukan dari pekerja ke perusahaan sangat penting untuk dilakukan. Perusahaan bisa membuat mekanisme meminta masukan dalam 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali

Berikan Contoh

Perusahaan dan jajaran pimpinan perusahaan perlu memberikan contoh bagaimana pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat. Sampaikan prioritas perusahaan secara teratur dan jelaskan dengan baik kepada pekerja

Pimpinan perusahaan harus dapat memberikan contoh dan praktik terbaik dalam menerapkan kerja jarak jauh untuk dapat mendorong pekerja bekerja secara lebih produktif dan pekerjaan tersebut dilakukan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Leave a Reply