Tips Mudah Berkomputer Nyaman dan Sehat

Dewasa ini penggunaan komputer sudah menjamur dan menjalar ke berbagai aspek kehidupan. Salah satu buktinya, semakin hari kita semakin tidak bisa lepas dari komputer. Dari anak-anak sampai orang dewasa, dimanapun dan kapanpun, penggunaan komputer atau laptop menjadi tingkat kebutuhan yang tinggi. Entah karena tuntutan dalam profesinya bekerja atau karena tugas yang sangat menumpuk dari sekolah membuat kita sulit untuk melepaskan diri dari menatap layar komputer atau laptop. Namun dalam penggunaannya, perlu perhatian khusus agar manfaat yang diharapkan dari teknologi komputer itu tidak tergantikan dengan efek buruk yang dapat ditimbulkan.

Disamping menjaga performa komputer supaya tetap lancar, penting juga untuk menjaga kesehatan diri dari penggunaan komputer, terutama penggunaan komputer yang terlampau lama. Seiring frekuensi penggunaan komputer yang makin meningkat, maka efek negatif dari gerakan-gerakan ini dapat meningkat pula. Paling sering dampak negatif dirasakan pada leher, pergelangan tangan, dan punggung. Selain itu, melihat monitor dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan ketegangan mata. Maka dari itu, untuk meminimalkan dampak-dampak negatif tersebut, penting menyesuaikan ruangan kerja supaya mendukung aktivitas kerja yang nyaman dan sehat.

MUST READ  Pentingkah Membuat Perjanjian Perkawinan? Begini Penjelasannya

Atur kursi duduk

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur kursi pada posisi yang tepat dan nyaman. Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi-rendah dan usahakan yang ada senderan punggungnya. Pastikan kursi yang digunakan sudah dengan ketinggian atau posisi yang nyaman bagi kita. Selain itu, untuk menghindari keluhan nyeri otot, nyeri punggung, nyeri bahu dan kapala, posisikan punggung dengan tegak saat duduk. Pastikan tulang punggung dan ekor bersandar pada tempat yang baik. Usahakan kaki dapat menjejak pada lantai atau carilah pijakan kaki yang stabil.

Atur posisi komputer

Perlu untuk selalu diingat bahwa pengaturan posisi letak komputer yang kita gunakan sangat berdampak pada kesehatan kita. Atur ketinggian keyboard di posisi yang nyaman dimana pergelangan tangan tetap lurus, sejajar dan rileks sehingga meminimalkan risiko kaku pada pergelangan tangan. Upayakan untuk selalu meletakkan mouse di dekat keyboard supaya tidak terlalu jauh menjangkaunya. Tempatkan monitor pada jarak yang nyaman. Letak ideal penempatan monitor adalah 30 sampai 40 cm dari dari arah pandang mata dan sebaiknya diletakkan sejajar atau sedikit lebih rendah dengan mata.

MUST READ  Soal COVID-19 dan Rasa Takut

Atur cahaya monitor

Pengaturan cahaya monitor sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan mata. Pengaturan cahaya yang tidak tepat akan menyebabkan mata terasa gatal dan merasa pusing. Aturlah cahaya monitor dan brightness menu agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. Terlalu silau dapat membuat mata mudah lelah, sedangkan layar yang terlalu redup akan membuat otot-otot mata menjadi tegang. Apabila dirasa perlu, gunakan filter atau pelindung anti silau untuk monitor untuk menghindari efek silau dari layar monitor. Selain itu, jika memang sedang mengharuskan membaca dokumen yang panjang, sebaiknya membacanya melalui LCD dengan huruf yang besar. Hal ini membuat kita bisa melihat dari jarak yang lebih jauh dan tidak melelahkan mata.

Hindari ruang kerja berantakan

Jagalah ruang kerja supaya tidak berantakan karena akan berpengaruh pada konsentrasi saat bekerja. Area di sekitar komputer pastinya mudah berantakan dengan barang-barang seperti kertas, aksesoris, komputer, dan barang-barang lainnya. Sebaiknya rapikan barang-barang tersebut sehingga menciptakan suasana ruang kerja yang nyaman dan menjaga produktivitas kinerja agar tidak berkurang.

MUST READ  Anak Hukum Wajib Tahu, Begini Cara Mencari Referensi Penting buat Mahasiswa Hukum

Beristirahat secara berkala

Istirahat sangat penting dilakukan terutama untuk orang yang melakuka aktivitas di depan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk menghindari ketegangan mata, maka perlu untuk sesekali mengalihkan pandangan dari monitor dalam beberapa saat. Istirahat juga dapat dilakukan dengan berdiri dan berjalan-jalan sebentar untuk menghindari duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama. Sesekali tinggalkan meja kerja dan berinteraksilah dengan rekan lain sambil melepaskan penat dan menggerakkan badan. Jika perlu, pasanglah alarm agar selalu ingat untuk mengistirahatkan pandangan sejenak dari layar monitor.

Leave a Reply