5 Persiapan Sebelum Travelling Ke Luar Negeri

Musim liburan telah tiba, tentunya Anda telah memiliki rencana khusus untuk liburan panjang di akhir tahun ini bukan? Momen liburan memang momen yang paling ditunggu semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti menantikannya. Ya, momen liburan ini tentunya akan menjadi waktu yang tepat untuk kembali merilekskan pikiran serta rehat sejenak dari berbagai aktifitas rutin selama ini.

Begitu banyak pilihan untuk mengisi liburan mulai dari dalam negeri hingga ke luar negeri, tinggal pilih saja destinasi mana yang ingin dikunjungi dengan menyesuaikan budget. Meskipun memang Indonesia tidak pernah kehabisan destinasi wisata yang patut dikunjungi, bukan berarti Anda tidak boleh melangkahkan kaki untuk liburan ke negeri seberang kan? Dengan pergi ke luar negeri, Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru terutama dari segi kebudayaan, karakteristik masyarakat, aturan, atau bahkan bahasa, dan cuaca yang mungkin sama sekali berbeda dengan tempat tinggal kita.

Tantangan untuk liburan ke luar negeri mungkin akan membuat Anda khawatir, apalagi untuk Anda yang baru pertama kali keluar negeri. Perasaan khawatir ini sama kuatnya dengan perasaan senang, karena akhirnya bisa melangkahkan kaki ke tanah di luar negeri. Namun Anda tak perlu cemas dan cukup perhatikan saja tips berikut agar liburan ke luar negeri Anda aman dan nyaman!

  1. Siapkan paspor
MUST READ  Twelve Angry Men: Ketika Keadilan Dimaknai 12 Orang

Hal pertama yang tentu harus Anda persiapkan bahkan dari jauh hari adalah paspor. Paspor ini bisa dikatakan sebagai kunci kemana saja yang bisa membawa Anda ke negara-negara yang ingin Anda kunjungi. Paspor akan sangat dibutuhkan mulai saat pembelian tiket hingga check in hotel di luar negeri. Paspor ini akan menjadi berkas identitas Anda selama berada di san. Untuk berjaga-jaga jangan lupa untuk memfotokopi paspor Anda sebanyak-banyaknya dan simpan di banyak tempat seperti di dalam koper, dompet, dan tas. Dengan ini Anda tidak akan kebingungan jikalau suatu saat selama berada di luar negeri, paspor Anda justru tertinggal, hilang, atau bahkan dicuri. Selain itu, nantinya dengan fotokopi paspor ini Anda dapat mengajukan kepada KBRI untuk menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berguna sebagai dokumen cadangan saat paspor Anda hilang atau dicuri.

  1. Siapkan visa

Selain mempersiapkan paspor, jangan lupa cek negara yang menjadi destinasi wisata Anda, apakah membutuhkan visa atau tidak. Jika iya, maka segeralah urus visa milikmu di Kedutaan Negara yang akan Anda kunjungi. Ada beberapa Negara yang bebas visa lho, tapi juga perlu diingat bahwa meskipun negara tujuan Anda bebas visa, bukan berarti Anda boleh berlama lama tinggal disana. Selalu ada batas waktu tinggal maksimal yang diterapkan oleh masing masing negara dan Anda tentu saja perlu untuk mengeceknya di kantor kedutaan negara tujuan. Selain itu, khusus untuk negara-negara Eropa, Anda hanya membutuhkan Visa Schengen untuk ?bebas melintasi berbagai negara di Benua Biru ini.

  1. Siapkan transportasi dan akomodasi
MUST READ  Kenali Perbedaan Surat Tilang Berwarna Biru dan Merah

Walaupun Anda merupakan tipe traveler yang bebas dengan gaya mengalir seperti air namun untuk kedua hal tersebut diatas, yakni transportasi dan akomodasi tetap harus dipersiapkan bahkan jauh hari ketika Anda masih di Indonesia. Apalagi terkait penginapan, jangan sampai Anda telah sampai di negeri tujuan tapi belum mendapatkan penginapan yang pastinya membuat Anda kebingungan harus tidur dimana. Sesuaikan harga tiket pesawat dan penginapan dengan budget. Cari promo di aplikasi-aplikasi e-commerce yang banyak menawarkan tiket pesawat atau penginapan dengan harga promo. Anda harus sering-sering mengeceknya jauh hari sebelum liburan tiba karena biasanya promo banyak tersedia jauh-jauh hari, entah 6 bulan atau bahkan setahun sebelumnya.

  1. Siapkan itinerary perjalanan

Itinerary penting untuk Anda agar waktu liburan tidak sia-sia. Keterbatasan waktu untuk berlibur, tentu menuntut Anda untuk memaksimalkan kesempatan liburan yang Anda miliki. Lakukan riset untuk perjalanan Anda selama disana, tempat apa saja yang bisa Anda kunjungi, transportasi apa yang bisa Anda tumpangi, penginapan apa, dan perkiraan waktu berangkat dan waktu tiba di tempat tujuan. Anda dapat memeriksa itinerary di website para traveller untuk dijadikan acuan. Intinya, persiapkan dengan matang perjalanan Anda agar waktu liburan Anda tidak terbuang sia-sia.

  1. Tukarkan uang rupiah
MUST READ  Khansa Syahlaa, Pendaki Perempuan Cilik Berhasil Mencapai Puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika

Sebelum pergi ke luar negeri jangan lupa untuk menukarkan uang rupiah Anda ke mata uang negara tujuan. Anda bisa melakukan penukaran uang di money changer. Hindari menukar uang di bandara, karena lebih mahal. Jika perlu, tukar uang saat masih di Indonesia agar tidak perlu kesusahan mencari money changer di negara tujuan. Perlu diperhatikan juga, biasanya ketika menukar uang di money changer, biasanya mereka akan memberikan pecahan uang besar. Jika memungkinkan, mintalah pecahan uang kecil yang akan berguna ketika akan membayar ongkos taksi, bus, atau kereta.

Jika kelima hal tersebut sudah Anda siapkan dengan baik, segeralah beli tiket ke Negara tujuan Anda. Selamat liburan ya, dan jangan sampai kehabisan tiket!

Leave a Reply