Baru Lulus dari Kuliah? 5 Hal Yang Wajib Kamu Hindari

Anda mahasiswa tingkat akhir? Fresh graduate? Job seeker? atau pegawai baru di kantor yang lagi pusing mengenai hal-hal apa saja sih yang sebenarnya harus dipersiapkan supaya rencana-rencana karir ke depannya lancar tanpa hambatan? Tentunya banyak faktor yang akan memengaruhi Anda di ketika memulai karir. Selain ijazah dan pengalaman semasa kuliah, banyak hal lain yang perlu Anda diperhatikan untuk mematangkan potensi sebagai pemula dalam karir.

Dalam hal ini, masih banyak para pemula yang kesulitan menyesuaikan diri atau bahkan sudah merasa sulit sejak baru mulai memersiapkan rencana karir. Kesulitan ini disebabkan oleh beberapa kesalahan yang Anda lakukan, seperti:

  1. Tidak memersiapkan rencana karir

Rencana karir Anda akan menentukan berbagai langkah dan kebutuhan yang harus disiapkan. Tidak siapnya rencana karir bagi pemula menyebabkan kebingungan dan ketidakpastian langkah yang harus diambil. Sehingga lulusan baru lebih sering mengulur waktu untuk mencari tau atau justru hanya sekedar ikut-ikutan dengan rencana karir orang lain yang padahal bisa jadi tidak cocok.

Menyusun rencana karir dapat dimulai sejak masih di bangku kuliah. Seperti dengan mengidentifikasi minat dan bakat, target, ketersediaan lowongan, dan dengan menyesuaikan kemampuan yang harus disiapkan. Rencana karir juga dapat dilakukan dengan riset atau sharing pengalaman dengan dosen, senior, atau teman yang sudah terlebih dahulu memulai.

  1. Tidak mengidentifikasi kriteria pelamar yang dibutuhkan

Usaha yang cukup untuk memenuhi kriteria yang dicari di tempat kerja yang ingin Anda lamar adalah hal yang paling mendasar. Dari sini Anda akan tahu bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman semasa kuliah saja tidak cukup mampu bersaing dan menjadikan Anda lebih unggul dibanding pelamar lain.

Mulailah dengan menambah nilai lebih yang bisa menjadikan Anda lebih unggul, seperti melatih kemampuan dan keterampilan dalam menguasai hal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal yang umum diperlukan tetapi tidak banyak dimiliki calon pelamar adalah keterampilan diluar pengalaman semasa kuliah.

  1. Tidak melatih kemampuan berkomunikasi yang baik

Komunikasi akan menjadi hal pertama yang menentukan nilai Anda, ketika duduk dibangku wawancara. Cara Anda berkomunikasi akan memberikan gambaran tentang bagaimana cara Anda berpikir, etika, dan kemampuan menyesuaikan keadaan. Komunikasi adalah jembatan yang akan selalu digunakan untuk menuju target yang ingin dituju. Kekuatan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik tidak akan membuat Anda kesulitan dalam mendapat kesempatan kerja.

  1. CV yang kurang menarik

Biasanya, perusahaan tidak mengetahui siapa Anda sama sekali. Sehingga dari CV ini lah kesempatan Anda untuk mengenalkan diri kepada perusahaan yang Anda tuju. Kesalahpahaman dalam membuat CV bisa menjadi hal pertama yang akan menyingkirkan Anda pada tahap seleksi.

Banyak yang masih mengira bahwa CV yang penuh dengan sejuta pengalaman adalah keunggulan. Padahal kamu tidak perlu menulis semua hal di dalam CV kamu. Cukup masukkan pengalaman, kemampuan, dan keterampilan yang relevan dengan persyaratan perusahaan yang kamu tuju. Design yang menarik juga sering menjadi penentu. Bayangkan jika ada ribuan orang yang melamar di perusahaan yang Anda tuju, jelas tampilan CV yang menarik akan membuat CV Anda mudah dikenali dan memiliki daya tarik untuk dipelajari lebih lanjut.

  1. Hanya mengandalkan pengalaman dalam kampus

Merasa cukup dengan pengalaman dan hal-hal yang didapat di bangku kuliah merupakan kesalahan yang dapat menutup peluang lulusan baru untuk berkembang. Perlu Anda sadari jika hanya itu yang diandalkan dalam melamar kerja, maka Anda tidak memiliki nilai lebih dibanding pelamar lain. Terus kembangkan diri Anda sembari menunggu pembukaan lowongan atau panggilan dari tempat melamar pekerjaan.

Jangan takut kehilangan kesempatan, Anda dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang tersedia. Melalui pelatihan ini, Anda akan memperoleh kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan perusahaan dan akan menjadi nilai unggul untuk Anda. Dengan pelatihan seperti ini juga, Anda bisa melampirkan sertifikat yang membuktikan bahwa Anda telah selesai mengikuti pelatihan tersebut, sehingga bisa menjadikan CV Anda lebih berbobot dengan keterampilan yang tidak diragukan lagi. Salah satu pelatihan yang kamu bisa ikuti yaitu Undergraduate Workshop.

Leave a Reply