Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Mendapatkan pekerjaan tentu menjadi hal diidam-idamkan setiap orang, apalagi bagi para lulusan baru. Para pencari kerja berlomba-lomba untuk mencari lowongan pekerjaan yang tersedia, dan tentunya juga sesuai kualifikasi dan keinginannya. Lulusan baru yang kurang pengalaman, seringkali terjebak dalam suatu lowongan kerja bodong. Situasi tersebutlah yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk menipu para korbannya dengan kedok lowongan kerja.

Perkembangan teknologi semakin canggih, maka semakin canggih pula para penipu yang berkedok rekrutmen perusahaan. Tidak hanya bagi lulusan baru, setiap orang yang mencari kerja pun harap berhati-hati dan selektif dalam memilih lowongan pekerjaan. Belum lama ini terdapat 128 orang yang tertipu dengan lowongan kerja palsu dari PT. KAI, parahnya lagi mereka telah menyerahkan sejumlah uang kepada oknum yang melakukan penipuan.

Terhadap kasus tersebut terlihat sangat miris, karena sudah banyak kasus yang demikian namun beberapa orang masih saja tertipu. Secara psikologis, biasanya orang yang sedang mencari pekerjaan lebih gelap mata. Sehingga kurang peduli dan antisipatif terhadap modus penipuan lowongan pekerjaan. Untuk menghindari penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan, kita wajib mengenali ciri-ciri penipuan lowongan pekerjaan, ciri-cirinya yaitu:

    1. Mengunakan nama perusahaan besar
    2. Nama email yang digunakan biasanya mengunakan domain umum yang gratis, seperti misalnya @yahoo, @gmail, @outlook bukan domain email suatu perusahaan, atau bahkan menyerupai alamat email asli perusahaan tersebut
    3. Website yang digunakan bukan website resmi perusahaan, biasanya menggunakan website yang dibuat mirip akan tetapi domain belakang website nya domain gratisan seperti blogspot, wordpress dan lainnya
    4. Alamat tujuan pengiriman berkas fiktif
    5. Nama penanggungjawab bukan pegawai dari suatu perusahaan
    6. Pengumuman lowongan kerja via sms ataupun telpon
    7. Nomor yang digunakan nomor telpon seluler umum
    8. Ada iming-iming langsung diterima kerja tanpa tes ataupun wawancara
    9. Ada iming-iming gaji tinggi
    10. Lokasi tes ataupun wawancara jauh dari lokasi sasaran korban
    11. Meminta sejumlah uang, atau meminta korban untuk membeli tiket dan memesan hotel di salah satu agen
MUST READ  7 Tips dan Strategi untuk Perusahaan yang memilih punya Mekanisme Kerja Jarak Jauh

Setelah mengenali ciri-ciri penipuan lowongan pekerjaan diharapkan masyarakat lebih jeli lagi dalam memilih lowongan pekerjaan. Terhadap banyaknya kasus peniuan lowongan pekerjaan, pihak POLRI melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono memberikan beberapa tips kepada masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan lowongan pekerjaan. Berikut ini tips-tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan, yaitu sebagai berikut:

    1. Jangan mudah percaya
    2. Baca detail setiap informasi lowongan kerja
    3. Pastikan anda melamar melalui website resmi perusahaan atau website khusus lowongan kerja yang terpercaya
    4. Cek domain alamat email dan website yang digunakan
    5. Mencari informasi tentang perusahaan yang didaftar, seperti alamat, HRD, direktur dan seluk beluk perusahaan lainnya
    6. Konfirmasi ke perusahaan secara langsung
    7. Jangan tergiur dengan gaji yang besar dan masuk tanpa tes
MUST READ  Langkah Aman Mengajukan Cicilan Rumah Impian

Demikian tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan, semoga dapat dijadikan panduan dalam mencari pekerjaan ya ?

Ingat! jadilah pencari kerja yang cerdas.

Leave a Reply