Simak 7 Cara Mudah Mendaftarkan Merek Dagang Anda

Merek menjadi nilai khusus yang tak dapat dipisahkan dari dunia usaha, dan memberikan sebuah citra tersendiri terhadap suatu barang atau jasa yang diperjual belikan. Di Indonesia merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Dalam Undang-Undang Merek dijelaskan bahwa merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut. Hal ini bertujuan untuk membedakan barang dan jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa. Sehingga hak merek ini akan dipegang oleh perseorangan ataupun badan hukum.

Banyaknya pengusaha yang bergerak dibidang dagang ataupun jasa, penggunaan merek adalah hal yang sangat penting, karena itu apabila merek tidak didaftarkan adalah hal yang sangat riskan bagi pengusaha. Akan tetapi sebagian besar para pengusaha di Indonesia terutama? para pengusaha yang baru merintis usahanya enggan untuk mendaftarkan mereknya dikarenakan proses pendaftarannya yang dianggap rumit dan terbentu pada masalah biaya.

MUST READ  7 Langkah Memulai Bisnis Yang Baik

Namun saat ini, mestinya para pengusaha sekarang sudah bisa lebih tenang, karena pendaftarannya sudah tidak sulit untuk didaftarkan.

Jika Anda ingin mendaftarkan merek dagang yang Anda gunakan, berikut langkah yang harus Anda lakukan:

    1. Tentukan merek yang akan di daftarkan dan pastikan merek tersebut belum didaftarkan oleh pihak lain. Untuk menelusuri status pendaftarannya anda bisa melihatnya disini.
    2. Kemudian langkah selanjutnya adalah kunjungi website ini dan pahami cara mendaftarkan merek pada website tersebut.
    3. Setelah itu, Anda wajib mengisi formulir pendaftaran merek, dengan cara download formulir pendaftaran.
    4. Formuilir permohonan merek yang telah di download, kemudian diprint ?dan dilampiri dengan label Merek, serta bukti pembayaran biaya yang sudah ditandatangani Pemohon. Selanjutnya Anda kirimkan dokumen tersebut kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
    5. Sebelumnya, ketahui dulu mengetahui rincian Biaya Permohonan pendaftaran Merek yang harus dibayarkan. Anda dapat mengetahuinya Ketentuan biaya pendaftaran merek.
    6. Apabila formulir sudah dikirim, paling lambat 15 hari setelah dokumen Anda diterima, permohonan akan diumumkan dalam Berita Resmi Merek.
    7. Setelah pengumuman, pemohon dapat mengajukan keberatan jika merek yang dimohonkan tidak dapat didaftar atau ditolak pendaftarannya.
MUST READ  Yuk, Pahami Panduan Umum Pendaftaran Kekayaan Intelektual!

Mudah bukan! Kemudahan tersebut diharapkan dapat membantu para pengusaha terlebih khusus para pengusaha yang baru untuk mendaftarkan mereknya. Tidak hanya itu saja, pendaftaran hak atas merek juga dapat memberikan perlindungan hukum bagi para pemegang hak atas merek apabila dikemudian hari terjadi suatu sengketa merek.

Leave a Reply