5 Cara Cepat Fresh Graduate Mendapatkan Pekerjaan

Anda fresh graduate? Selamat untuk gelar yang telah Anda raih, ya. Namun, lulus kuliah bukan berarti perjuangan selesai lho. Justru momen ini menjadi tahap awal Anda untuk berjuang mencari pekerjaan. So, selamat datang di dunia yang sesungguhnya, yakni dunia kerja. Inilah waktu bagi Anda untuk menerapkan apa yang telah dipelajari selama kurang lebih empat tahun di bangku perkuliahan.

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Kita semua sepakat bahwa mencari pekerjaan tidaklah mudah apalagi bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Selain setiap tahun banyak lulusan baru yang berjuang, beberapa perusahaan justru mencari karyawan yang sudah berpengalaman lho. Tentu saja ini menjadi halangan bagi fresh graduate. Maka tak heran jika salah satu keluhan utama fresh graduate selepas wisuda adalah ?dapet kerja susah banget sih!?.

Itu bukanlah alasan bagi Anda, fresh graduate, untuk menyerah begitu saja dan tidak mendapatkan pekerjaan. Yang harus Anda lakukan adalah persiapan sejak awal, tentang segala sesuatu yang menyangkut dengan lamaran pekerjaan dan pekerjaan itu sendiri. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda untuk bisa diterima di tempat yang Anda tuju. Untuk membantu Anda, berikut tips yang harus Anda siapkan untuk bersaing di dunia kerja!

  1. Membuat Curriculum Vitae dengan kualitas yang baik

Tak dapat dielakkan bahwa hal pertama yang dilakukan fresh graduate setelah lulus adalah membuat CV. Tidak ada salahnya kalau kita kreatif dalam membuat CV, mulai dari desain hingga? font style yang digunakan. Perlu diingat, perusahaan lebih mempertimbangkan isi CV yang bagus dan menarik dibanding dengan yang lainnya. Namun janganlah membuat CV yang over sehingga kesannya lebay, ya! Buatlah CV dengan tampilan yang professional dan elegan dengan tidak terlalu banyak memberikan hiasan-hiasan yang tidak perlu di dalam CV. Selain mencantumkan biodata diri, pendidikan, dan prestasi secara singkat, cantumkanlah poin tertentu dengan lebih detail, seperti pengalaman magang, pengalaman organisasi, dan juga kegiatan menarik yang pernah Anda lakukan.

  1. Mengenali potensi diri

Belajar selama 4 tahun, belum tentu membuat Anda mengetahui keinginan dan kemampuan yang sebenarnya. Oleh karenanya, cari tahulah apa yang menjadi minat dan keahlian Anda, karena hal ini akan menjadi nilai plus yang bisa dijadikan sebagai ladang penghasil uang. Tulislah apa yang menjadi potensi Anda saat ini, dan jangan langsung menilai bahwa potensi tersebut sangat rendah kualitasnya. Tulislah dulu, dan pilihlah mana yang akan menjadi prioritasnya.

  1. Jangan terlalu memilih

Perlu diingat, pekerjaan itu tidak harus yang benar-benar berhubungan dengan mata kuliah dulu. Jangan menjadi terlalu pemilih dalam menentukan pekerjaan apa yang akan Anda geluti saat ini. Sebagai seorang fresh graduate, tidak apa untuk bekerja dulu di tempat yang mungkin tidak menjadi cita-cita Anda. Jika ada peluang besar untuk Anda bekerja di tempat lain yang tidak kamu harapkan sebelumnya, tidak apa-apa, ambil saja kesempatan itu.? Belum tentu ketika Anda lulus, tempat kerja yang Anda cita-citakan sedang membuka lowongan juga kan. Maka dari itu, carilah dulu pengalaman bekerja di tempat lain. Sambil menyelam minum air, istilahnya. Sambil Anda mencari pengalaman bekerja dan mendapatkan gaji untuk tabungan, Anda bisa mempersiapkan diri juga untuk mendaftar di tempat yang Anda incar seandainya suatu saat membuka lowongan.

Namun, jangan jadikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang Anda cita-cita kan tersebut menjadi pelarian yang membuat Anda tidak sungguh-sungguh dalam menjalaninya. Tetap jalani pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin dan penuh semangat. Mungkin memang pekerjaan itu bukan pekerjaan yang menjadi cita-cita saat ini, tapi siapa tahu pekerjaan ini membawa banyak sekali manfaat dan keuntungan untuk Anda, sehingga menunjang karir Anda agar lebih baik suatu saat nanti, terutama dalam mencapai pekerjaan yang memang benar-benar Anda incar.

  1. Manfaatkan aplikasi pencari pekerjaan

Di zaman yang modern serba teknologi seperti saat ini, Anda tidak hanya bisa mencari pekerjaan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi untuk membantu pencarian pekerjaan. Situs resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut. Sehingga Anda dengan mudah dapat menyesuaikannya dengan perusahaan. Gunakan fitur dalam aplikasi pencari pekerjaan itu, dan hidupkanlah fitur notifikasi pada email apabila ada pekerjaan yang baru membuka lowongan untuk fresh graduate.

Oh ya, alamat email harus baik, ya. Alamat email ini adalah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda melamar kerja melalui alamat email yang bukan nama asli atau menggunakan nama alamat email yang kekanakan atau alay. Buatlah email yang setidaknya sesuai dengan nama Anda.

  1. Jangan buang waktu percuma

Selama masa tunggu mencari pekerjaan, manfaatkanlah waktu Anda dengan sangat efisien. Sambil menunggu pengumuman atau panggilan kerja, isi waktu luang Anda dengan hal-hal yang positif. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris, kursus komputer, atau magang di suatu instansi yang akan menunjang pekerjaan Anda nantinya. Kursus-kursus atau magang ini tentunya akan menjadi nilai tambah apabila Anda mencantumkannya dalam CV nanti.

Leave a Reply